Kemenhub pastikan Bus Pariwisata yang Kecelakaan di Ciamis Tidak Berizin

  • 23 Mei 2022 09:07:39
  • Views: 5

IDXChannel - Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan pemeriksaan dengan mendatangi langsung lokasi kecelakaan bus di jalur wisata Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

Hasil dari pemeriksaan tersebut menunjukkan fakta bahwa bus yang mengangkut rombongan peziarah dari Tangerang tersebut rupanya tidak memilkiki izin operasi sebagai bis pariwisata.

Kami sudah melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) untuk memeriksa kondisi jalan, maupun bus, termasuk perizinan operasional bus pariwisata yang diketahui plat nomor polisinya daerah Bali, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, Senin (23/5/2022). 

Menurut Budi, dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa bus tersebut awalnya merupakan milik perusahaan Pandawa di Bali, namun kemudian dibeli oleh pengusaha dari Serang, Banten.

“Persoalannya, banyak di antara pengusaha mobil pariwisata di Indonesia saat ini Saya tengarai belum mengurus perizinan. Plat(nomor kendaraan)nya DK, artinya (busnya) dari Bali, tapi beroperasi di Banten, tutur Budi.

Tak hanya itu, Budi juga memastikan bahwa pihaknya telah berupaya melakukan pengecekan dan terkonfirmasi bahwa perusahaan pemilik bus tersebut juga tidak terdaftar di data Kemenhub.

“Perusahaannya saja tidak terdaftar, apalagi kendaraannya, ungkap Budi.

Dengan begitu, Kemenhub memastikan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi menyeluruh terkait perusahaan bus pariwisata. 

“Evaluasi dilakukan terhadap regulasi agar ada pembenahan di kemudian hari. Untuk menyelidiki. penyebab kecelakaan, saya telah melakukan kedatangannya ke Ciamis bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), tandasnya. (TSA)


https://www.idxchannel.com/economics/kemenhub-pastikan-bus-pariwisata-yang-kecelakaan-di-ciamis-tidak-berizin

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/kemenhub-pastikan-bus-pariwisata-yang-kecelakaan-di-ciamis-tidak-berizin
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Setiyadi,
companies ADA, MNC,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
nations Indonesia,
places BANTEN, JAWA BARAT,
cities Serang, Tangerang,
cases kecelakaan,