Mulai 2027, Seluruh Kendaraan di Indonesia Sudah Menggunakan Pelat Nomor Putih

  • 23 Mei 2022 08:03:35
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Korlantas Polri menargetkan seluruh kendaraan di Indonesia sudah menggunakan pelat nomor putih di tahun 2027. Seperti diketahui, kepolisian sendiri merencanakan penerapan pelat nomor kendaraan putih mulai Juni 2022.

Berubahnya nanti dari tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih karena kan sudah 5 tahun, kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dikutip Tempo dari laman NTMC Polri hari ini, Senin, 23 Mei 2022.

Menurut Yusri, dalam kurun waktu lima tahun tersebut, terdapat beberapa kendaraan prioritas yang bisa mengganti dari pelat hitam ke pelat putih. Kendaraan prioritas tersebut antara lain kendaraan yang memasuki pembayaran pajak lima tahunan dan juga kendaraan yang dimutasi atau berpindah daerah.

Memang yang menjadi skala prioritas itu adalah kendaraan untuk pembayaran pajak lima tahun, kendaraan baru, dan juga kendaraan yang dimutasi, ucapnya.

Penggantian pelat nomor putih ini memang tidak dilakukan secara serentak. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika belum menggunakan pelat putih. 

Sebagai informasi, Korlantas Polri akan memulai pemberlakuan pelat nomor putih kendaraan bermotor pada bulan Juni 2022. Ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Dalam beleid tersebut, Pasal 45 Ayat 1 huruf a disebutkan bahwa TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) berwarna dasar putih, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, PNA (Perwakilan Negara Asing), serta Badan Internasional. Perubahan warna pelat nomor kendaraan ini bertujuan agar tulisan pada pelat nomor dapat terbaca oleh kamera CCTV atau kamera ETLE.

Baca juga: Ganti Pelat Nomor Putih, Korlantas Pastikan Tidak Ada Biaya Tambahan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.


https://otomotif.tempo.co/read/1594172/mulai-2027-seluruh-kendaraan-di-indonesia-sudah-menggunakan-pelat-nomor-putih

Sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1594172/mulai-2027-seluruh-kendaraan-di-indonesia-sudah-menggunakan-pelat-nomor-putih
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kombes Pol Yusri Yunus,
companies ADA, Google, Instagram,
ministries Polisi,
topics kamera ETLE,
products CCTV,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,