Presiden Polandia Ingatkan Masa Depan Ukraina Ada di Tangan Rakyat

  • 23 Mei 2022 08:03:47
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Polandia Andrzej Duda dalam pidatonya dihadapan anggota parlemen Ukraina pada Minggu, 22 Mei 2022, mengingatkan hanya warga Ukraina sendiri yang punya hak untuk memutuskan masa depan mereka. Duda telah menjadi kepala negara dari luar negeri yang memberikan pidato secara pribadi di hadapan anggota parlemen Ukraina sejak invasi Rusia ke negara itu pada 24 Februari 2022.

Sejauh ini Kyiv telah mengesampingkan kesepakatan damai apapun, yang melibatkan penyerahan territorial. Pemerintah Ukraina juga telah mengesampingkan seruan gencatan senjata, yang akan membuat tentara Rusia tetap berada di wilayah Ukraina.

Bagi Ukraina, gencatan senjata sama dengan memberikan waktu kepada Moskow untuk membangun kembali Angkatan Bersenjatanya.     

“Ada suara yang telah muncul agar Ukraina seharusnya memberikan apa yang menjadi tuntutan Presiden Vladimir Putin. Hanya warga Ukraina yang punya hak untuk memutuskan masa depannya. Ini tidak ada artnya tanpa Anda (anggota parlemen), kata Duda, yang disambut tepuk tangan.   

Bangunan yang rusak setelah dihantam serangan udara Rusia di Bakhmut, Wilayah Donetsk, Ukraina,9 Mei 2022. Polisi Wilayah Donetsk/Handout melalui REUTERS

Menurut Presiden Duda, masyarakat internasional harus menuntut Rusia agar benar-benar menarik pasukannya dari territorial Ukraina. Polandia pun telah menjadi negara yang cukup vokal agar sanksi dijatuhkan ke Rusia dan mendukung Ukraina menjadi anggota Uni Eropa.

  

“Jika warga Ukraina dikorbankan untuk alasan ekonomi atau ambisi politik, maka satu cm wilayah teritorial pun akan menjadi pukulan besar, bukan hanya untuk warga Ukraina, namun juga seluruh negara-negara Barat, kata Duda.

Hubungan Polandia dengan Rusia sudah lama dipenuhi (silang pendapat). Sejak Rusia melakukan invasi ke Ukraina, Warsaw telah memposisikan diri sebagai sekutu Kyiv.

“Saya tidak akan beristirahat hingga Ukraina menjadi anggota Uni Eropa, kata Duda.

Sumber: Reuters  

Baca juga: Top 3 Dunia: Nasib Resimen Azov di Tangan Putin dan Alasan Singapura Tolak UAS

   

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1594091/presiden-polandia-ingatkan-masa-depan-ukraina-ada-di-tangan-rakyat

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1594091/presiden-polandia-ingatkan-masa-depan-ukraina-ada-di-tangan-rakyat
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ustaz Abdul Somad, Vladimir Putin,
companies ADA, Google, Reuters,
ministries MA, Polisi,
nations Polandia, Rusia, Singapura, Ukraina, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,
cities Moskow, Warsawa,