Roundup: Mantan BIN Khawatir Rakyat Indonesia Terusir, Pemerintah Diminta Belajar dari Singapura

  • 23 Mei 2022 07:36:34
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT - Kepala BIN 2015-2016, Letjen TNI (Purn) Soetiyoso mengkhawatirkan 'serbuan' tenaga kerja asing China masuk Indonesia.

Soetiyoso atau Bang Yos khawatir TKA China justru mampu mengusir rakyat pribumi Indonesia.

Pasalnya, Bang Yos melihat TKA China begitu banyak yang masuk Indonesia. Mereka bukanlah investor ataupun tenaga ahli, melainkan tenaga biasa.

Kalau dia investor, pembawa modal ya silahkan, kalau tenaga ahli silahkan, tenaga ahli itu dua atau tiga, bukan ribuan, ujar Bang Yos.

Baca Juga: Mantan Kepala BIN: Lama-Lama Kita Terusir

Bang Yos mengingatkan bahwa tenaga ahli asing yang masuk Indonesia juga perlu dicek.

Tenaga ahli pun harus kita cek betul apakah memang bener-bener untuk pekerjaan itu orang Indonesia belum ada. Kalau pun harus ngirim kan kira-kira 2-3 orang lah, dengan staf-stafnya mungkin 10 orang. Lah ini kan kita lihat kan membawa tenaga kerja, dan jumlahnya tidak sedikit, kata Bang Yos menambahkan.

Ia menambahkan jika TKA China terus berdatangan dengan jumlah banyak dan beranak pinang di Indonesia, kemungkinan mereka menjadi mayoritas di Indonesia.

Baca Juga: Imbas Kecelakaan Maut di Jalur Wisata Panumbangan Ciamis, Kemenhub Turun Tangan Evaluasi


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014541161/roundup-mantan-bin-khawatir-rakyat-indonesia-terusir-pemerintah-diminta-belajar-dari-singapura

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014541161/roundup-mantan-bin-khawatir-rakyat-indonesia-terusir-pemerintah-diminta-belajar-dari-singapura
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BIN, Kemenhub, TNI,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina, Singapura,
places JAWA BARAT,
cases kecelakaan,