Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Diduga akibat Rem Blong

  • 23 Mei 2022 07:34:34
  • Views: 4

Merdeka.com - Polisi menyimpulkan dugaan sementara penyebab kecelakaan bus pariwisata di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, disebabkan rem blong sehingga laju kendaraan tidak terkendali. Kecelakaan itu menewaskan empat orang dan puluhan penumpang lainnya luka-luka.

Untuk sementara, dugaan awal karena rem blong, namun nanti akan kami lengkapi dengan saksi lain dan bukti di TKP, kata Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro di lokasi kecelakaan, Minggu (22/5).

taboola

Dia menuturkan jajarannya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sejak Minggu pagi. Pihaknya juga telah mengevakuasi dan menyita bangkai bus pariwisata ke Polres Ciamis.

Polres Ciamis saat ini masih mengumpulkan keterangan saksi untuk mengetahui lebih jelas penyebab kecelakaan, termasuk ada atau tidaknya unsur kelalaian. Terkait kelalaian, nanti akan melalui proses penyelidikan, kami mohon waktu, jelasnya.

2 dari 2 halaman

Sopir Masih Dicari

Tony menyampaikan, Polres Ciamis masih mencari keberadaan sopir bus yang dikabarkan melarikan diri setelah kecelakaan. Mereka sudah menanyakan keberadaan sopir ke pihak perusahaan bus.

Kami belum bisa menyimpulkan dia kabur atau takut diamuk massa, namun ada jaminan perusahaan untuk mendatangkan sopir, katanya.

Sementara delapan orang korban dikabarkan sudah diperbolehkan pulang dari tempat pelayanan kesehatan. Sisanya masih harus menjalani perawatan medis.

Korban meninggal dunia menjadi empat orang, satu orang yang dirujuk meninggal dunia, jelas Tony seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, bus pariwisata mengalami kecelakaan di lokasi menurun. Kendaraan itu membawa rombongan dari Tangerang, Banten, pulang dari wisata ziarah di Panjalu, Ciamis. Bus melaju tidak terkendali kemudian menabrak sejumlah kendaraan dan akhirnya berhenti setelah menabrak rumah di Jalan Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Sabtu (21/5) sekitar pukul 17.30 WIB.

[yan]

https://www.merdeka.com/peristiwa/kecelakaan-bus-pariwisata-di-ciamis-diduga-akibat-rem-blong.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/kecelakaan-bus-pariwisata-di-ciamis-diduga-akibat-rem-blong.html
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Polisi,
places BANTEN, JAWA BARAT,
cities Tangerang,
cases kecelakaan,