Walikota Pro-Rusia Terluka dalam Sebuah Ledakan

  • 23 Mei 2022 07:05:33
  • Views: 9

TEMPO.CO, Jakarta -  Walikota yang ditunjuk Rusia di sebuah kota dekat pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terluka dalam ledakan pada Minggu, 22 Mei 2022.

Andrei Shevchik, yang ditunjuk sebagai walikota Enerhodar oleh Rusia setelah pendudukan kota itu, berada dalam perawatan setelah ledakan itu, kata kantor berita Rusia RIA, mengutip sebuah sumber di layanan darurat.

Kami mendapat konfirmasi akurat bahwa selama ledakan itu, kepala 'pemerintahan rakyat' Shevchik yang memproklamirkan diri dan pengawalnya terluka, kata Dmytro Orlov, yang masih diakui Ukraina sebagai walikota sah kota itu, mengatakan dalam sebuah posting di pesan Telegram.

Orlov menulis di Telegram pada Minggu malam bahwa Shevchik telah dibawa ke kota Melitopol yang diduduki Rusia untuk perawatan dan bahwa dia akan digantikan sementara sebagai pemimpin kota.

Belum jelas apa yang menyebabkan ledakan tersebut.

Enerhodar memiliki populasi sebelum perang lebih dari 50.000 orang. Banyak penduduk bekerja di dua pembangkit listrik yang terletak di sebelah kota, salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Ukraina pekan lalu mengatakan telah menyerang sebuah kendaraan lapis baja yang membawa pasukan Rusia di Melitopol.

Reuters


https://dunia.tempo.co/read/1594151/walikota-pro-rusia-terluka-dalam-sebuah-ledakan

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1594151/walikota-pro-rusia-terluka-dalam-sebuah-ledakan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters, Telegram,
topics Listrik,
nations Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,