Cuaca Hari Ini Senin 23 Mei 2022, Jakarta Pagi Berawan, Siang Hujan Angin Disertai Petir

  • 23 Mei 2022 06:48:56
  • Views: 6

Pada dasarnya, sistem prakiraan cuaca selalu berusaha mengantisipasi kejadian cuaca buruk. Namun, ia sangat bergantung pada peralatan besar, stasioner, dan mahal seperti radar cuaca.

Hal-hal itu seperti itu secara tidak langsung menghambat pembaruan laporan cuaca secara tepat waktu pada kondisi cuaca lokal untuk penggunaan pribadi.

Mengatasi kesenjangan dalam hal ini, tim peneliti dari Osaka Metropolitan University dan University of Tokyo mengembangkan lembaran sensor yang dapat disisipkan dan ringan. Lembaran itu menampilkan sensor resistif fleksibel dan analisis komputasi reservoir.

Sebagai perangkat tunggal, ia memungkinkan pengukuran volume rintik hujan dan kecepatan angin secara real-time. Selain itu, ia juga dapat melaporkan informasi cuaca saat ia dipasang misalnya pada payung, mobil, atau rumah.

Temuan ini membuka pendekatan ekonomis untuk pelaporan cuaca, yang berkontribusi pada kesiapsiagaan bencana dan keselamatan masyarakat yang lebih besar, ujar Kuniharu Take, profesor di Osaka Metropolitan University dan peneliti utama di riset ini dikutip dari Eurekalert pada Selasa (17/5/2022).

Untuk menentukan volume hujan, sensor mengukur hambatan listrik yang dihasilkan ketika tetesan air hujan mengenai permukaannya. Sensor dilapisi oleh lembaran silikon superhidrofobik yang terbuat dari polydimethylsiloxane (PDMS), yang diresapi dengan graphene dan diproses lebih lanjut dengan laser.


https://www.liputan6.com/news/read/4968781/cuaca-hari-ini-senin-23-mei-2022-jakarta-pagi-berawan-siang-hujan-angin-disertai-petir

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4968781/cuaca-hari-ini-senin-23-mei-2022-jakarta-pagi-berawan-siang-hujan-angin-disertai-petir
Tokoh

Graph

Extracted

topics Listrik,
places DKI Jakarta,
cities Osaka, Tokyo,