Corona Ditangani Bak Penyakit Biasa Bila Pandemi Jadi Endemi

  • 23 Mei 2022 06:25:31
  • Views: 3

Jakarta -

Pandemi COVID-19 di Indonesia sedang ada dalam masa transisi menuju endemi COVID-19. Jika nanti sudah dinyatakan endemi, penanganan pasien terjangkit Corona akan ditangani seperti halnya penyakit biasa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Ia menyebut meski virus Corona masih ada, tapi jika sudah endemi maka penanganannya pun akan seperti penyakit biasa.

Namanya endemi itu penyakitnya masih ada tapi sudah tidak lagi mewabah. Karena itu akan diperlakukan seperti penyakit infeksius lain, seperti TB, pokoknya penyakit yang berkaitan dengan bakteri, virus, dan jamur yang biasa menjadi infeksi, ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5/2022).

Tidak hanya soal penanganan, skema pengobatan dan pembiayaan COVID-19 juga disebut akan berubah. Menurutnya, biaya pengobatan yang selama ini ditanggung langsung pemerintah nantinya akan dialihkan ke BPJS Kesehatan.

Kalau nanti sudah dinyatakan endemi otomatis menjadi penyakit infeksius biasa. Karena penyakit infeksius biasa, penanganannya juga biasa. Termasuk nanti biayanya akan dialihkan yang selama ini subsidi langsung oleh pemerintah nanti akan dialihkan ke BPJS, ucapnya.

Muhadjir mengatakan berdasarkan survei internal yang dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah Sakit DKI Jakarta pada Februari 2022, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia saat ini telah turun di peringkat ke-14.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:


https://news.detik.com/berita/d-6090396/corona-ditangani-bak-penyakit-biasa-bila-pandemi-jadi-endemi

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6090396/corona-ditangani-bak-penyakit-biasa-bila-pandemi-jadi-endemi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhadjir Effendy,
companies ADA,
ministries BPJS,
topics jamur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,