Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat SMS

  • 23 Mei 2022 05:07:17
  • Views: 8

IDXChannel - Setiap pemilik kendaraan wajib untuk mempehatikan tanggal pembayaran pajak. Ini guna menghindari denda yang akan dikenakan ketika kita telat membayar pajak secara tepat waktu.

Saat ini ada banyak sekali opsi untuk mengecek pajak kendaraan. Salah satunya yang jarang diketahui adalah cara mengecek pajak kendaraan bermotor lewat pesan singkat atau biasa disebut SMS.

Pengecekan pajak kendaraan lewat SMS memberikan kemudahan ketika kita ingin menggali informasi perpajakan kendaraan kita. Jadi kita tidak perlu repot-repot datang ke kantor SAMSAT, yang tentunya ini menyita waktu dan tenaga.

Cara cek pajak kendaraan lewat SMS juga sangatlah mudah. Kita cukup menyediakan smartphone yang bisa digunakan untuk SMS serta data nomor kendaraan. Kemudian, ketik pesan dalam format masing-masing provinsi.

Nah berikut ini adalah beberapa daftar nomor serta format SMS untuk mengakses informasi pajak kendaraan berdasarkan masing-masing daerah, seperti dilansir dari laman Auto2000, Minggu (22/5/2022):

1. DKI Jakarta
Bagi wajib pajak kendaraan DKI Jakarta, Anda cukup mengetikkan ‘METRO[spasi]Nomor Kendaraan Anda (tanpa menggunakan spasi).

Contoh: METRO B1234ABC. Kemudian, kirim ke nomor 1717.

2. Jawa Barat dan Banten
Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor dan tercatat di Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Banten, maka format SMS yang harus diketikkan yaitu: esamsat[spasi]Nomor Kendaraan Anda[spasi]NIK.

Contoh: esamsat D1234AB 1234567890987654. Kirimkan ke Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) Jawa Barat di nomor 0811-211-9211.

3. Jawa Tengah
Sedangkan untuk wajib pajak kendaraan yang ada di Jawa Tengah, cara cek pajak kendaraan via SMS adalah dengan mengirimkan SMS berformat: JATENG[spasi]Nomor Kendaraan Anda.

Contoh: JATENG H1234AB. Lalu, kirimkan ke nomor 9600.

4. Daerah Istimewa Yogyakarta
Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, format SMS yang digunakan adalah DIY[spasi]Nomor Kendaraan Anda. 

Contoh: DIY AB1234AB. Baru setelah itu kirimkan ke nomor 9600.

5. Jawa Timur
Bagi Anda yang berada di Jawa Timur, layanan SMS ini dapat diakses dengan mengetik format: JATIM[spasi] Nomor Kendaraan Anda.

Contohnya seperti JATIM L1234AB, kemudian kirim ke nomor 7070.

6. Bali
Sedangkan untuk wilayah Bali, cara cek pajak kendaraan via SMS bisa dilakukan dengan mengetikkan format BALI[spasi]Nomor Kendaraan Anda.

Contoh: BALI DK1234AB, kemudian kirimkan ke nomor 8893.

7. Sumatera Utara
Adapun format SMS cek pajak yang digunakan di wilayah Sumatera Utara adalah Info[spasi]Nomor Kendaraan Anda[spasi]warna kendaraan.

Contoh: Info BK1234AB hitam. Kirimkan ke nomor Dispenda Sumatera Utara di 0811-211-9211.

Perlu diingat, layanan informasi berbasis SMS ini masih terbatas pada informasi terkait pajak tahunan kendaraan saja. Informasi lain terkait pajak kendaraan bisa didapatkan dengan datang langsung ke kantor SAMSAT setempat. 

(NDA)


https://www.idxchannel.com/economics/begini-cara-cek-pajak-kendaraan-lewat-sms

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/begini-cara-cek-pajak-kendaraan-lewat-sms
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Auto2000,
ministries Polisi,
places BANTEN, DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, Sumatera Utara,
cities Yogyakarta,