Wamendag Ajak Pebisnis Lokal Beradaptasi dengan Digitalisasi

  • 22 Mei 2022 21:07:02
  • Views: 12

IDXChannel - Wakil Menteri Perdagangan Dr. Jerry Sambuaga menyerukan ajakannya kepada para pedagang dan pebisnis UMKM untuk dapat beradaptasi dengan digitalisasi

Digitalisasi adalah hal yang tidak bisa dihindari, harus dihadapi dan dilihat sebagai peluang yang baik. Apalagi saat ini kita semua menggunakan digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari ujarnya saat sesi wawancara bersama Pos Belitung, Sabtu (21/5/2022).

Kementerian Perdagangan selaku campaign manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) #CahayaBangkaBelitung bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk menggencarkan aktifitas yang bisa didukung oleh digital.

Untuk kolaborasi yang paling sederhana adalah penggunaan kode QR dalam setiap pembayaran, kode ini tentu bisa digunakan oleh para pedagang pasar dan teman-teman UMKM dalam melakukan transaksi ujarnya.

Menurutnya transaksi non tunai dengan bantuan kode QR sangat membantu dan memiliki banyak dampak positif.

Kita bisa meminimalisir kontak fisik tentunya, selain itu juga sangat efektif dan efisien. Hanya dengan 3 detik pembayaran berhasil dilakukan, jadi para pedagangpun juga tidak kerepotan mencari-cari kembalian yang kadang menghabiskan waktu ucapnya.

Selain itu jika UMKM ingin meminjam uang kepada Bank dengan tujuan pengembangan usaha, riwayat transaksi menggunakan QR tentu saja bisa menjadi catatan penting yang pastinya juga rapi.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan menggencarkan dan mensosialisasikan produk-produk buatan dalam negeri.

Acara ini sudah dilakukan sejak lama, dan provinsi yang menjadi tuan rumah bergantian. Begitu juga kementerian yang diberi tanggung jawab sebagai campaign manager juga ditunjuk secara bergantian jelasnya.

(NDA)


https://www.idxchannel.com/economics/wamendag-ajak-pebisnis-lokal-beradaptasi-dengan-digitalisasi

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/wamendag-ajak-pebisnis-lokal-beradaptasi-dengan-digitalisasi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Jerry Sambuaga,
ministries BI, Kemendag,
topics Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI),
products UMKM,
nations Indonesia,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,