Pengamat Harap Langkah Jokowi Tak Lagi Impor Beras, Jadi Awal Swasembada Pangan

  • 22 Mei 2022 20:48:49
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim harga beras di Indonesia dijual lebih murah dibanding negara lain. Hal ini diungkap usai adanya komparasi harga beras di Indonesia dengan negara lain seperti Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat.

Selain soal harga beras, Jokowi menegaskan Indonesia sudah tidak lagi mengimpor beras setelah sebelumnya mengimpor 1,5-2 juta ton beras setiap tahunnya. Hal itu diutarakan Kepala Negara saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional V Projo di Magelang, Sabtu 21 Mei 2022.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengamini keberhasilan Jokowi. Dia meyakini hal itu tidak terlepas dari kinerja baik dari Kementerian Pertanian dan para pihak terkait.

Memang ada keberhasilan itu, selama tiga tahun kita tidak impor beras. Artinya memang terkait dengan kinerja Kementan ada relevansinya, karena itu menjadi tanggung jawab tupoksinya, kata Trubus saat dihubungi, Minggu (22/5/2022).

Trubus berharap, capaian baik ini tidak menjadi pemerintah untuk berpuas diri, karena ini bukanlah sesuatu yang baru. Dia memandang, capaian ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan Nawa Cita sebagaimana yang diinginkan Presiden Jokowi.

Ini salah satu tahap awal untuk memasuki kita harus memasuki swasembada pangan, ungkap dia.

Selain itu, Trubus mendorong agar pemerintah mulai membuat kebijakan agar lahan produktif tetap ada. Sehingga tidak semua kawasan dijadikan lahan pemukiman.

Untuk lahan-lahan produktif jangan dijadikan lahan pemukiman. Harus ada kebijakan untuk melarang total, sekarang ini kan baru bersifat parsial, jelas Trubus. 

Pemerintah melonggarkan sejumlah aturan terkait COVID-19. Disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 17 Mei 2022 sore, ada dua aturan yang dilonggarkan, salah satunya mengenai penggunaan masker. Dalam konferensi pers yang...


https://www.liputan6.com/news/read/4968630/pengamat-harap-langkah-jokowi-tak-lagi-impor-beras-jadi-awal-swasembada-pangan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4968630/pengamat-harap-langkah-jokowi-tak-lagi-impor-beras-jadi-awal-swasembada-pangan
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Trubus Rahadiansyah,
companies ADA, Vidio, YouTube,
ministries Kementan,
institutions Universitas Trisakti,
topics impor beras,
products Beras, masker,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Korea Selatan,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang,
cases covid-19,