Cegah Wabah PMK, Hewan Ternak Masuk Jaksel Harus Karantina

  • 22 Mei 2022 20:25:08
  • Views: 10

Jakarta -

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Selatan (Jaksel), telah menyusun standar operasional prosedur (SOP) untuk mengantisipasi masuknya ternak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Salah satu SOP itu mengharuskan hewan ternak yang akan masuk ke wilayah Jaksel harus dikarantina.

Aturan wajib karantina untuk kedatangan hewan ternak dari luar daerah sudah gencar disosialisasikan, sehingga diketahui oleh seluruh pedagang dan peternak di Jakarta Selatan, kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A Sidabalok dalam keteranganya kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Hasudungan mengatakan pemilik hewan ternak dari luar Jaksel harus membawa bukti ternaknya tak terjangkit PMK. Bukti itu berupa surat izin pemasukan hewan dari Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dari masing-masing kota.

Sebelum membawa masuk ke Jakarta Selatan, pedagang hewan ternak wajib mengurus surat izin pemasukan hewan ke Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kota serta surat keterangan PM-1 di kelurahan setempat, ujarnya.

Selain itu, dia menyebut para pemilik ternak di Jaksel wajib membersihkan kandang dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Menurutnya, pengetatan pengawasan yang dilakukan oleh pihaknya semata untuk mencegah masuknya ternak terjangkit PMK.

Pemilik hewan ternak wajib membersihkan dan mendensikfektan kandang selama masa karantina, tuturnya.

(Pengawasan yang dilakukan Sudin KPKP) agar hewan ternak peliharaan tidak mengalami PMK disebabkan penularan dari hewan dari luar yang masuk, imbuhnya.

Simak prosedur lengkap hewan ternak masuk Jaksel di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Satgas PMK Termukan 3 Sapi di Parepare Terinfeksi Brucellosis':

[Gambas:Video 20detik]


https://news.detik.com/berita/d-6090109/cegah-wabah-pmk-hewan-ternak-masuk-jaksel-harus-karantina

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6090109/cegah-wabah-pmk-hewan-ternak-masuk-jaksel-harus-karantina
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sudin,
ministries Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, SULAWESI SELATAN,
cities Parepare, Sidoarjo,
animals Sapi,