Mentan: Jumlah Hewan Ternak Suspek Positif PMK Mulai Turun

  • 22 Mei 2022 20:06:28
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini jumlah hewan ternak yang suspek positif PMK mulai menurun. Bahkan diantaranya sudah kembali pulih seperti biasa.

Wabah PMK bisa dikendalikan dengan kolaborasi dan kebersamaan semua pihak, kata Syahrul dalam keterangan tertulis Ahad, 22 Mei 2022.

Hal itu dia sampaikan saat menggelar koordinasi pengendalian dan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Mulyajaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Kementan mencatat di Tulang Bawang, jumlah ternak yang suspek sebanyak 23 ekor, terkonfirmasi positif enam ekor dan sudah sembuh.

Alhamdulillah respon cepat dan kebersamaan dari pak kadis, pak bupati, pak gubernur serta para peternak terus kita jaga. Saya kira apa yang kita saksikan hari ini adalah sesuatu yang memberi harapan besar, karena PMK hadir tapi ternyata bisa disembuhkan, ujarnya.

Kendati begitu, dia mengingatkan agar tetap menerapkan Prototap-prototap yang berlaku. Catatannya, kata dia, 14 hari harus mendapat pengawasan.

Dengan kegiatan pencegahan penularan dan pengendalian ini, Mentan mengaku optimistis seluruh hewan ternak dapat kembali sehat dan penyebaran penyakit dihindari. Diapun berharap masyarakat tidak terjebak dalam kepanikan karena pemerintah terus bergerak mengendalikan penyekait ini.

Walaupun semua sudah turun tangan tidak berarti mengurangi kewaspadaan kita. Kita semua harus saling menjaga. Kita tidak boleh percaya diri yang berlebihan tetapi karantina harus siaga. Yang paling penting tidak boleh panik, katanya.

HENDARTYO HANGGI


https://bisnis.tempo.co/read/1594048/mentan-jumlah-hewan-ternak-suspek-positif-pmk-mulai-turun

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1594048/mentan-jumlah-hewan-ternak-suspek-positif-pmk-mulai-turun
Tokoh



Graph

Extracted

persons Syahrul Yasin Limpo,
places DKI Jakarta, LAMPUNG,
cities Gunung,