Gernas BBI 2022, Momentum Bangkitkan Ekonomi Lewat Belanja Produk Lokal

  • 22 Mei 2022 18:59:07
  • Views: 9

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menambahkan, dalam dua tahun terakhir, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) membuktikan dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia.

Sebanyak 64,19 juta UMKM di Indonesia memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun pada 2021. UMKM juga menyerap 119,6 juta atau97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Target Gernas BBI Babel adalah menghasilkan lima ribu UMKM Babel bergabung di platform digital. Pemilihan tanggal 20 Mei 2022 sebagai puncak acara Gernas BBI Bangka Belitung yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, menjadi momentum kebangkitan UMKM Indonesia, khususnya UMKM Bangka Belitung, setelah terdampak pandemi Covid-19. Kami berharap pelaku UMKM di seluruh Indonesia, khususnya di Bangka Belitung, dapat bersaingdi pasar global, jelas Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi menyebutkan, Kementerian Perdagangan juga telah menggelar serangkaian kegiatan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM sejak Februari 2022 berkolaborasi dengan Bank Indonesia KPW Bangka Belitung, Bank BCA, PT Timah, Bukalapak, Blibli, dan pemerintah daerah melalui rangkaian bimbingan teknis kepada pelaku UMKM Babel serta penyelenggaraan Pameran (In Store Promotion) Produk Unggulan Bangka Belitung diSummarecon Mal Serpong, Tangerang. Selama Februari--April 2022, sebanyak 3.210 UMKM Bangka Belitung telah difasilitasi pembinaan dan pendampingan untuk bergabung di platform digital.

Bersama semua pemangku kepentingan, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pendampingan kepada UMKM Babel untuk mencapai target 5 ribu UMKM Babel bergabung di platformdigital.

Secara khusus, Mendag Lutfi juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Kepulauan Bangka Belitung, Bank Indonesia, Bank BCA,Wingsfood, Mustika Ratu, Telkom Indonesia, Yokke, PT Angkasa Pura II, PT Timah, Bukalapak, Blibli, Tokopedia, BNI Xpora, idEA, Himbara, serta APPBI.

Selanjutnya dukungan publikasi dari TVRI, Mahaka, serta Tribunnews dan pihak-pihak lainnya yang telahmembantu dan bekerja sama menyukseskan kegiatan Gernas BBI dan BWI#CahayaBangkaBelitung. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, BBI harus diimplementasikandalam kehidupan sehari-hari.

“Implementasi jangan hanya slogan, tetapi perlu kita terapkandalam kehidupan sehari-hari. Kita gunakan produk lokal untuk memajukan UMKM Indonesia, kata Wamendag Jerry.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4968529/gernas-bbi-2022-momentum-bangkitkan-ekonomi-lewat-belanja-produk-lokal

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4968529/gernas-bbi-2022-momentum-bangkitkan-ekonomi-lewat-belanja-produk-lokal
Tokoh







Graph