Hyundai Berencana Bangun Pabrik Baterai dan Mobil Listrik di Amerika Serikat

  • 22 Mei 2022 18:11:05
  • Views: 7

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Hyundai Motor berencana membangun pabrik kendaraan listrik (EV) khusus pertamanya di Amerika Serikat yang berlokasi di Georgia.

Dilansir dari Engadget, Minggu (22/5/2022) pabrik seluas 2.923 hektar di dekat Savannah akan memproduksi mobil listrik dan baterai yang diproyeksikan dimulai pada paruh pertama pada 2025, sedangkan konstruksi pabrik dimulai pada awal 2023.

Perusahaan berharap dapat memproduksi sekitar 300.000 EV per tahun di fasilitas tersebut, yang mencakup berbagai macam model.

Baca juga: Hyundai Suntik Miliaran Dolar AS Demi Perluas Penjualan Mobil Listrik di Pasar Korea Selatan

Hyundai memilih Georgia sebagai lokasi didirikannya pabrik karena berbagai faktor, salah satunya menunjuk pada kondisi bisnis yang menguntungkan yang mencakup akses pasar yang cepat, kumpulan bakat yang besar dan jaringan yang mencakup pusat manufaktur utama Kia serta pemasok.

Pabrik tersebut berjarak kurang dari 31 mil dari pelabuhan Savannah, yang merupakan persinggahan peti kemas terbesar di Amerika Serikat dan memiliki dua fasilitas kereta api.

Selain itu, pabrik tersebut juga berdekatan dengan dua jalan raya utama (I-95 dan I-16) sehingga akan mempermudah bagi Hyundai untuk menerima pasokan dan mengirimkan EV yang sudah jadi.

Baca juga: Gandeng Tata Power, Hyundai Siapkan Jaringan Pengisian Cepat Kendaraan Listrik

Hyundai memperkirakan investasi tersebut bernilai 5,54 miliar dolar AS, dan Gubernur Georgia Brian Kemp menyatakan itu akan menjadi proyek terbesar dalam sejarah negara bagian. Hyundai lebih lanjut mengklaim pabrik itu akan menciptakan 8.100 pekerjaan.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/22/hyundai-berencana-bangun-pabrik-baterai-dan-mobil-listrik-di-amerika-serikat

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/22/hyundai-berencana-bangun-pabrik-baterai-dan-mobil-listrik-di-amerika-serikat
Tokoh

Graph

Extracted

organizations API,
topics Listrik, Penjualan Mobil,
products dolar AS, kendaraan listrik,
nations Amerika Serikat, Georgia, Korea Selatan,
cities New York,
transportations mobil listrik,
brands Hyundai, KIA,