KPU Akan Menyertifikasi Kemanan Sipol, Silon, dan Sirekap

  • 22 Mei 2022 18:09:18
  • Views: 5

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyertifikasi seluruh aplikasi atau sistem yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal itu dilakukan untuk menjamin keamanan aplikasi pemilu.
 
Setidaknya, ada tiga sistem yang akan digunakan pada Pemilu 2024. Yakni, sistem informasi partai politik (Sipol), sistem data pemilih (Sidalih), sistem informasi pencalonan (Silon), hingga sistem rekapitulasi elektronik (Sirekap).
 
Sehingga aplikasi ini betul aman dari aksi peretasan, kata komisioner KPU Idham Holik dalam diskusi virtual, Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU akan menyertifikasi ketiga sistem tersebut ke dua instansi atau lembaga. Yakni, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).
 
Aplikasi yang kami gunakan ini akan kami sertifikasi keamanannya ke lembaga yang otoritatif, ungkap dia.
 
Baca: KPU Akan Gunakan Teknologi Sipol Hingga Sirekap pada Pemilu 2024
 
Eks komisioner KPU Jawa Barat (Jabar) itu menyampaikan penguatan keamanan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Pasalnya, penerapan teknologi pada elektoral memiliki tantangan terbesar, yakni peretasan.
 
Kita ketahui hari ini dalam gerakan politik yang hacktiv, di mana peretasan sebagai bagian dari sebuah ideologi dan ini terjadi, sebut dia.
 
Idham menyampaikan pengalaman Filipina yang baru selesai menyelenggarakan pemilu pada 9 Mei 2022. Usai pemungutan suara, ada puluhan ribu upaya peretasan sistem teknologi KPU Filipina.
 
Ada lebih 20 ribu aksi peretasan,ujar dia.
 
Dia tak ingin upaya peretasan tersebut juga terjadi di Indonesia. KPU terus mengupayakan memperkuat teknologi yang akan digunakan nanti.
 
Tentunya hal ini harus diantisipasi di Indonesia jangan sampai penggunaan Sipol, Silon, dan Sirekap ini dengan mudah diterobos oleh para hacker, ujar dia.
 

(AZF)


https://www.medcom.id/nasional/politik/gNQePqVN-kpu-akan-menyertifikasi-kemanan-sipol-silon-dan-sirekap

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/gNQePqVN-kpu-akan-menyertifikasi-kemanan-sipol-silon-dan-sirekap
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BSSN, KPU,
topics Pemilu 2024,
nations Filipina, Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,