Biden Sapa Kim Jong Un 'Halo.....Titik', Apa Maksudnya?

  • 22 Mei 2022 18:03:27
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden AS Joe Biden memiliki pesan sederhana untuk pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Halo... titik, katanya kepada wartawan pada hari terakhir kunjungannya. ke Korea Selatan, Minggu, 22 Mei 2022.

Biden memberikan tanggapan masam itu ketika ditanya pesan apa yang dia miliki untuk Kim menggarisbawahi pendekatan pemerintahnya terhadap ketegangan yang belum terselesaikan dengan Korea Utara. Ini sangat kontras dengan ancaman, pertemuan puncak, dan surat cinta mantan Presiden Donald Trump dengan Kim.

Namun Biden menambahkan, dia tidak khawatir terhadap  uji coba nuklir baru Korea Utara, yang akan menjadi yang pertama dalam hampir lima tahun.

Pendekatan Biden tidak menghasilkan terobosan besar,  dan Korea Utara telah kembali menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya, sementara laporan intelijen menunjukkan negara itu sedang mempersiapkan uji coba nuklir baru.

“Kami siap untuk apa pun yang dilakukan Korea Utara, kata Biden.

Sehari sebelumnya, Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, setuju untuk mempertimbangkan latihan militer yang lebih besar dan berpotensi mengerahkan lebih banyak senjata Amerika berkemampuan nuklir ke wilayah tersebut sebagai tanggapan atas uji coba senjata Korea Utara.  

Korea Utara belum menanggapi AS, termasuk tawaran vaksin Covid-19, kata Biden pada hari Sabtu, mencatat bahwa dia bersedia untuk duduk bersama Kim jika dia pikir itu akan mengarah pada terobosan serius.

Pembatasan Covid-19 mungkin memainkan peran dalam kurangnya tanggapan Korea Utara, kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

Korea Utara mengatakan tawaran AS tidak tulus karena Washington mempertahankan kebijakan bermusuhan seperti latihan militer dan sanksi.

Ketika ditanya apakah Biden bersedia mengambil langkah konkret untuk memecahkan kebuntuan, pejabat itu mengatakan bahwa pemerintah sedang mencari keterlibatan serius, bukan isyarat besar.

Ini adalah keputusan yang hanya bisa dibuat oleh DPRK, kata pejabat itu, menggunakan inisial nama resmi Korea Utara.

Di pangkalan udara AS di selatan Seoul, Biden dan Yoon mengunjungi pusat operasi udara. Pasukan Amerika dan Korea Selatan ditugaskan untuk bertahan melawan rudal apa pun yang mungkin diluncurkan oleh Korea Utara.

Yoon mengatakan fasilitas seperti itu penting mengingat meningkatnya ancaman dari Korea Utara.

Biden kemudian makan es krim dan menyapa pasukan Amerika dan keluarga mereka di arena bowling di pangkalan, sebelum berangkat ke Jepang.

Fokus Biden selama perjalanan itu adalah menggalang demokrasi yang berpikiran sama untuk bekerja sama lebih banyak, bagian dari upaya lebih luas untuk melawan pengaruh Cina dan memberikan tekanan pada Rusia atas perangnya di Ukraina.

Pada perjalanan kedua, Biden akan bertemu dengan para pemimpin Jepang, India dan Australia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai Quad, landasan lain dari strateginya untuk melawan pengaruh Cina.

 Reuters


https://dunia.tempo.co/read/1594032/biden-sapa-kim-jong-un-halo-titik-apa-maksudnya

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1594032/biden-sapa-kim-jong-un-halo-titik-apa-maksudnya
Tokoh







Graph