Mastercard Dorong Inklusi Keuangan Lewat Skema Insentif dengan Ayoconnect

  • 22 Mei 2022 17:10:41
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Mastercard bermitra dengan fintech startup Ayoconnect untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia lewat Open Finance.

Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202 juta orang atau 73% dari total penduduk pada 2020. Berdasarkan Survei We Are Social pada April 2021, 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-Commerce untuk membeli produk.

Namun, angka-angka itu tidak sebanding dengan jumlah transaksi digital yang dilakukan masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya literasi keuangan, tingkat penghasilan, dan modal bagi UMKM terutama di area non-urban. Oleh sebab itu, perlu solusi yang dapat membantu meningkatkan inklusi keuangan.

Melalui jaringan embedded finance milik Ayoconnect, Mastercard menawarkan sejumlah insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online. Kategori transaksi tagihan pembayaran dipilih sebagai sasaran program karena dinilai dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Navin Jain, Country Manager Indonesia Mastercard, menyebut kolaborasi dengan Ayoconnect bertujuan untuk menyediakan akses ke layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen di era digital.

Mastercard percaya bahwa digitalisasi sistem pembayaran akan dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dari transaksi, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia, tutur Navin.

Survei Nasional BPS pada tahun 2021 menyatakan, pengeluaran untuk tagihan rutin berkontribusi terhadap 24% pengeluaran rata-rata per kapita sebulan masyarakat Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pinjaman berbasis aplikasi atau fintech ilegal masih banyak beredar. Sehingga perlu mengetahui modus fintech ilegal tersebut.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4968394/mastercard-dorong-inklusi-keuangan-lewat-skema-insentif-dengan-ayoconnect

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4968394/mastercard-dorong-inklusi-keuangan-lewat-skema-insentif-dengan-ayoconnect
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries BPS,
topics e-commerce,
products fintech, fintech ilegal, startup, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,