Universitas Negeri Semarang Dipercaya jadi Koordinator Pusat pada Munas BEM SI Kerakyatan

  • 22 Mei 2022 16:06:45
  • Views: 3


Terpilihnya Abdul, merupakan hasil terselenggaranya Musyawarah Nasional (Munas) ke-XV yang dihadiri oleh 234 perguruan tinggi. Munas digelar di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin, Kalimatan Selatan, tanggal 15 Mei sampai 22 Mei 2022.

Abdul berkomitmen BEM SI akan terus berada bersama rakyat, sejalan dengan visi BEM SI sebagai intelektual publik melalui politik alternatif secara ekstra parlementer yang berorientasi kerakyatan.


Adapun misi yang dia gaungkan, adalah bottom up culture, Movement 5.0, scientific based movement, unity in diversity, change oriented movement .

Hal tersebut diperkuat dengan nilai organisasi yang dibangun yakni proaktif, progresif, resilien, inklusif, ujar Abdul dalam keterangannya, Minggu (22/5).

Abdul menjelaskan, munas bertepatan dengan peringatan 24 tahun reformasi. Arah gerak Aliansi BEM SI pun ke depan dibentuk berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan terhadap tiga ruang lingkup, yaitu peran mahasiswa sebagai penggerak dan intermeditiatory actor, permasalahan bangsa dan negara, permasalahan BEM SI.

Menurutnya, dari hal tersebut BEM SI berusaha untuk menghadirkan gerakan yang berbeda dengan aliansi-aliansi yang lain, bukan sebagai langkah kompetitif melainkan kelengkapan dalam begerak.

Di Momentum peringatan reformasi yang ke 24 tahun, Aliansi BEM SI juga kembali merefleksikan agenda reformasi yang belum selesai. Menguatnya kekuatan oligarki menjadi ancaman untuk demokrasi yang berujung kepada semakin menjauhnya rakyat dari kesejahteraan dan keadilan, paparnya.

Abdul menuturkan BEM SI lahir sebagai bentuk aliansi, sehingga alur koordinasi dan gerak dilakukan secara koordinatif dan horizontal. Hal itu menimbulkan semangat gerak bersama.

Dia pun berjanji akan masuk ke segmentasi isu lingkungan, pendidikan tinggi, pendidikan dasar dan menengah, hukum dan HAM, korupsi, informasi dan teknologi.

Termasuk juga energi dan minerba, agraria, ekonomi dan ketenagakerjaan, kebudayaan dan pariwisata, perempuan, ibu dan anak, politik dan demokrasi, pertanian dan peternakan, serta yang terakhir maritim, pungkasnya.


https://politik.rmol.id/read/2022/05/22/534441/universitas-negeri-semarang-dipercaya-jadi-koordinator-pusat-pada-munas-bem-si-kerakyatan

Sumber: https://politik.rmol.id/read/2022/05/22/534441/universitas-negeri-semarang-dipercaya-jadi-koordinator-pusat-pada-munas-bem-si-kerakyatan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
religions Islam,
places JAWA TENGAH,
cities Banjarmasin, Semarang,
cases HAM, korupsi,