Kargo Formula E yang Tiba di Soetta Hari Ini Mencapai 87 Ton

  • 22 Mei 2022 15:04:26
  • Views: 8

TEMPO.CO, Tangerang - Perusahaan jasa ground handling, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services), mengungkapkan total kargo Formula E yang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terdiri dari 39 paket dengan berat 87,017 ton. Paket kargo langsung diangkut ke lokasi, ada yang menjemput. JAS cuma unloading di CGK (Cengkareng) aja, ujar Corporate Communication Manager JAS Airport Services Ageng Wibowo, saat dihubungi Tempo, Ahad 22 Mei 2022.

Ageng mengatakan kargo berisi mobil balap dalam bentuk yang tidak utuh atau belum dirakit dan fasilitas pendukung Formula E lainnya. Kargo diangkut menggunakan pesawat Qatar QR 8304. Pesawat B747-800 itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta Ahad pagi tadi pukul 6.00.

Ageng tidak bisa menyebutkan berapa unit mobil pembalap dan fasilitas pendukung formula E apa saja yang telah tiba. Sebab, seluruh koli yang tiba hanya bertuliskan kargo Formula E. Kami hanya bertugas menurunkan saja, ucap dia.

Menurut Ageng, untuk kendaraan balap dikirim tidak dalam bentuk utuh. Pretelan, ujarnya. Ageng mengatakan kedatangan kargo formula E ini dilakukan dalam tiga tahap. Hari ini, besok malam ada lagi, kata dia.

Sebelumnya, Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono menyatakan 22 mobil balap Formula E dijadwalkan tiba di Jakarta pada 22-24 Mei 2022. Mobil listrik tersebut didatangkan dari Berlin, Jerman.

Diangkut dengan tiga kargo pesawat, kata dia di Mal ABC, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 19 Mei 2022.

Puluhan mobil listrik itu sebelumnya dipakai dalam seri terakhir Formula E yang digelar di Berlin, sebelum giliran Jakarta E-Prix. Formula E Berlin digelar pada 14-15 Mei lalu. Pada April 2022, Formula E diadakan di Roma.

Menurut dia, beberapa peralatan Formula E Jakarta yang sifatnya sementara dihadirkan dari seri balap sebelumnya.

Selain mobil balap dan perlengkapannya, fasilitas pendukung sirkuit Formula E Jakarta diambil dari Roma, Italia. Jadi barang-barang dari Roma dan Berlin inilah yang datang ke Indonesia yang saat ini sedang di-install. Kenapa tidak install dari awal, karena masih dipakai di luar negeri, jelas dia.

Irawan menyebut seluruh fasilitas sirkuit bakal tersedia dan terpasang sepekan sebelum balap Formula E Jakarta dimulai. Balap mobil listrik internasional itu akan dihelat di Ibu Kota pada 4 Juni 2022.

Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, diklaim telah rampung 100 persen. Total panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar rata-rata 14 meter, panjang garis lurus 600 meter, dan 18 tikungan. Bentuknya menyerupai kuda lumping.

Baca juga: Kargo Mobil Balap Formula E Telah Tiba di Bandara Soekarno-Hatta


https://metro.tempo.co/read/1593986/kargo-formula-e-yang-tiba-di-soetta-hari-ini-mencapai-87-ton

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1593986/kargo-formula-e-yang-tiba-di-soetta-hari-ini-mencapai-87-ton
Tokoh



Graph

Extracted

persons Soekarno,
companies ADA,
topics Listrik,
fasums Bandara Soekarno Hatta,
nations Indonesia, Italia, Jerman, Qatar,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Ancol, Berlin, Cengkareng, Roma, Tangerang,
transportations mobil listrik,
musicclubs APRIL,