Siap-siap Kartu e-Tol Bakal Dihapus, Ini Penggantinya

  • 22 Mei 2022 14:10:50
  • Views: 14

Jakarta: Kartu tol atau E-Toll yang selama ini menjadi alat pembayaran jalan tol akan dihapuskan. Pemerintah berencana menerapkan teknologi baru untuk pembayaran tol. 
 
Sistem pembayaran terbaru tersebut yaitu Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan mulai digunakan pada akhir tahun 2022. 
 
Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money, kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit dalam keterangan tertulis, Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ia menambahkan MLFF masih dalam tahap pengembangan. Danang mengungkapkan bahwa implementasi sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol. Pemerintah sendiri menargetkan sistem MLFF bisa beroperasi 100 persen pada akhir 2023.
 
Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone. Penggunaan GNSS banyak diterapkan di beberapa negara-negara Eropa termasuk Hongaria. 
 
Berdasarkan informasi yang dirilis Kementerian PUPR, MLFF merupakan hasil dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hongaria dengan tujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.
 

(PRI)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/Rb1GMnAK-siap-siap-kartu-e-tol-bakal-dihapus-ini-penggantinya

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/Rb1GMnAK-siap-siap-kartu-e-tol-bakal-dihapus-ini-penggantinya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Danang Parikesit,
ministries Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT),
nations Hongaria, Indonesia,
places DKI Jakarta,