Kenang Achmad Yurianto, KSP: Indonesia Bisa Lewati Pandemi Tanpa Kerusuhan dan Kepanikan Berkat Jasanya

  • 22 Mei 2022 13:36:36
  • Views: 12

PIKIRAN RAKYAT – Kantor Staf Presiden (KSP) RI menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya mantan Jubir Penanganan Covid-19 dr. Achmad Yurianto yang mengembuskan napas terakhir di RS dr. Syaiful Anwar Kota Malang pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo mengatakan sangat kehilangan sosok Achmad Yurianto yang ia anggap sebagai seorang kesatria karena telah mendedikasikan dirinya untuk berperang melawan badai pandemi Covid-19.

Kita kehilangan sosok kesatria yang pernah mendedikasikan seluruh pikiran, waktu, dan tenaga untuk setiap sore menuntun masyarakat Indonesia menghadapi badai pandemi Covid-19, kata Abraham.

Abraham menceritakan almarhum dr. Achmad Yurianto merupakan sosok yang tegas dan tenang dalam mengambil keputusan. Kesan itu ia dapatkan dari pengalamannya saat berdiskusi bersama mendiang saat awal pandemi.

Baca Juga: Analisis 'Dukungan' Jokowi ke Ganjar Pranowo, Charta Politika: yang Didukung Presiden Kemungkinan Akan Menang

Awal pandemi, saya sering berdiskusi hingga berjam-jam dengan dokter Yuri. Sosok yang tegas dan tenang dalam mengambil keputusan. Beliau bisa dibilang sosok yang bagaikan mercusuar di tengah badai ombak, tutur Abraham.

Dengan kemampuannya tersebut, kata dia, Achmad Yurianto sangat berjasa dalam menjelaskan situasi Covid-19 secara akurat dan tenang pada masa awal pandemi.

Dengan peran beliau, kita bisa melewati pandemi Covid-19 tanpa kerusuhan atau kepanikan berlebih, ucap Abraham, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Senada dengan Abraham, Deputi IV KSP RI Juri Ardiantoro mengenal almarhum sebagai sosok pemberani dan cerdas. Ia juga menyebut dr. Achmad Yurianto sebagai salah satu pioneer yang memberikan transparansi informasi soal pandemi Covid-19 saat awal tahun 2020.

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Antara

Tags

Terkini


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014536428/kenang-achmad-yurianto-ksp-indonesia-bisa-lewati-pandemi-tanpa-kerusuhan-dan-kepanikan-berkat-jasanya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014536428/kenang-achmad-yurianto-ksp-indonesia-bisa-lewati-pandemi-tanpa-kerusuhan-dan-kepanikan-berkat-jasanya
Tokoh











Graph

Extracted

persons Achmad Yurianto, Badai, Ganjar Pranowo, joko widodo, Juri Ardiantoro,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Malang,
cases covid-19,