Projo Akan Putuskan Soal Dukungan ke Ganjar Pranowo Hari Ini

  • 22 Mei 2022 13:03:50
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Relawan Pro Jokowi (Projo) akan memberikan kepastian soal dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden atau Capres 2024 pada hari ini, Ahad, 22 Mei 2022. Keputusan itu akan dibuat dalam Rapat Kerja Nasional V di di Balai Ekonomi Desa Ngargogondo, Magelang, Jawa Tengah yang digelar sejak Sabtu kemarin. 

Sebentar lagi kita akan putuskan dalam Rakernas V, ujar Ketua umum Projo, Budi Arie Setiadi, saat dihubungi Tempo, Ahad, 22 Mei 2022.

Dalam pidatonya kemarin, Jokowi sempat menyatakan dirinya tak akan terburu-buru memutuskan untuk mendukung salah satu capres. Dia menyatakan dinamika politik saat ini masih terlalu cair lantaran belum ada satu pun partai politik yang memastikan siapa calon yang akan mereka usung. 

Selain itu, Jokowi juga menyatakan bahwa dirinya masih akan berkonsentrasi pada pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 plus masalah ekonomi dunia yang mengalami guncangan akibat perang Rusia-Ukraina. Karena itu, Jokowi meminta agar para relawan bersabar menanti keputusannya. 

Jokowi juga menyatakan akan menggelar pertemuan nasional dengan seluruh relawan yang mendukungnya pada Pilpres 2014 dan 2019. Dia bahkan menyatakan akan mendengarkan suara relawan di tingkat paling bawah untuk menentukan arah dukungan untuk Pilpres 2024.

Akan tetapi Jokowi sempat memberi sinyal akan mendukung Ganjar yang juga hadir dalam acara Rakenas Projo V Sabtu kemarin. Sinyal itu pun disambut riuh oleh relawan Projo 

Makanya, untuk urusan politik, ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, ujar Jokowi disambut teriakan Projo yang menyebut nama Ganjar. 

Ganjar Pranowo sendiri kerap disebut sebagai calon kuat dalam Pilpres 2024. Sejumlah lembaga survei menyebut elektabilitas Politikus PDI Perjuangan itu sebagai yang tertinggi diantara kandidat potensial lainnya. 

Meskipun demikian, PDI Perjuangan masih belum menentukan sikap siapa yang akan mereka usung untuk menggantikan Jokowi. Selain Ganjar, PDI Perjuangan disebut mempersiapkan Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon potensial. 

Budi Arie Setiadi yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa pun sempat menyatakan Projo akan patuh pada arahan Jokowi sebagai ketua dewan pembina mereka. Meskipun demikian, dia menyatakan bahwa Projo akan menentukan sikap terkait dukungaan terhadap Ganjar Pranowo pada penutupan rakernas hari ini. 

Baca: Jokowi Minta Projo Tak Tergesa-gesa Soal Dukungan pada Pilpres 2024


https://nasional.tempo.co/read/1593957/projo-akan-putuskan-soal-dukungan-ke-ganjar-pranowo-hari-ini

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1593957/projo-akan-putuskan-soal-dukungan-ke-ganjar-pranowo-hari-ini
Tokoh









Graph

Extracted

persons Budi Arie Setiadi, Ganjar Pranowo, joko widodo, Puan Maharani,
companies ADA,
ministries DPR RI,
topics Capres 2024, Pilpres 2024,
nations Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang,