Charta Politika Sebut Kode Jokowi Soal 2024 di Rakernas Projo Mengarah ke Ganjar

  • 22 Mei 2022 12:50:25
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, turut menyampaikan analisisnya mengenai sambutan Presiden Joko Widodo di Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Menurutnya, pidato Jokowi soal ‘mungkin yang kita dukung hadir di sini’ mengarah ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, menurut Yunarto, hanya Ganjar yang masuk dalam radar survei teratas capres 2024 yang hadir dalam rakernas tersebut.

Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke arah Pak Ganjar. Saya tidak tau apakah dipilihnya Magelang adalah simbol, masih belum bisa menjelaskan, ujar Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 21 Mei 2022.

Yunarto menjelaskan, Ganjar memiliki rating popularitas dan elektabilitas paling tinggi diantara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel. Ganjar pun sering disebut penerus Jokowi sebagai presiden periode 2024-2029.

Ganjar sudah ratingnya tertinggi dan ketika ditanya brand association dari Ganjar memang dia dianggap paling kuat menjadi penerus Jokowi dibandingkan dengan nama-nama lain, tegasnya.

Menurut Yunarto, figur yang didukung Jokowi akan memiliki keuntungan secara pemilih dan kekuatan partai, apabila Jokowi sampai akhir masa jabatanya memiliki raport yang bagus di mata masyarakat.

Selain itu, Jokowi harus tepat dan cepat memgumumkan figur yang didukungnya. Serta, Jokowi juga harus menggaet dukungan kepada partai koalisnya agar calon yang diusungnya kelak dapat mendapatkan dukungan dari partai-partai pendukungnya tersebut.

“Kemungkinan besar kalau seperti itu, siapapun yang didukung oleh Jokowi punya kemungkinan besar juga untuk menang, tegasnya.

 

Saat Ganjar Pranowo tengah menuju panggung di Borobudur pada malam Waisak, tiba-tiba seorang bocah kecil berlari menghampirinya untuk memberikan snack berupa wafer.


https://www.liputan6.com/news/read/4968322/charta-politika-sebut-kode-jokowi-soal-2024-di-rakernas-projo-mengarah-ke-ganjar

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4968322/charta-politika-sebut-kode-jokowi-soal-2024-di-rakernas-projo-mengarah-ke-ganjar
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, joko widodo, Yunarto Wijaya,
companies Vidio, WhatsApp, YouTube,
topics Capres 2024,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang,