KSP: Achmad Yurianto Beri Kontribusi Nyata Indonesia Saat Indonesia Hadapi Badai Covid-19

  • 22 Mei 2022 12:46:20
  • Views: 6

JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) mengungkapkan bahwa mantan juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto merupakan tokoh yang berkontribusi nyata bagi Indonesia saat menghadapi badai Covid-19. Pria yang akrab disapa Yuri itu meninggal pada Sabtu (21/5/2022) malam.

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengenang sosok almarhum sebagai pribadi pemberani dan cerdas. Mantan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi tersebut, ujar Juri, salah satu pioneer keterbukaan informasi soal perkembangan Covid-19 di awal 2020.

BACA JUGA: Achmad Yurianto Wafat, Adik Kandung : Ingin Pulang Sejak April

“Dua tahun lalu, tidak banyak masyarakat yang peduli akan prokes. Almarhum lah yang tidak bosan selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan menggunakan masker. Dan New normal yang kita jalani hari ini adalah wujud jasa besar Pak Yuri, tutur Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro lewat keterangan resmi yang diterima, Minggu (22/5/2022).

Senada dengan Juri Ardiantoro, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo menilai, Yuri adalah sosok ksatria yang mendedikasikan dirinya dalam menghadapi badai pandemi Covid-19.

“Kita kehilangan sosok ksatria yang pernah mendedikasikan seluruh pikiran, waktu, dan tenaga, untuk setiap sore menuntun masyarakat Indonesia menghadapi badai pandemi Covid-19, kata Abraham.

BACA JUGA: Achmad Yurianto Dimakamkan dengan Prosesi Upacara Militer

Abraham menceritakan pengalamannya saat awal - awal berinteraksi dengan Yuri. Menurutnya, Mantan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan RI tersebut, sosok yang tegas.

“Awal pandemi, saya sering berdiskusi hingga berjam-jam dengan dr. Yuri. Sosok yang tegas dan tenang dalam mengambil keputusan, kenang Abraham.

“Beliau bisa dibilang sosok yang bagaikan mercusuar di tengah badai ombak, tambahnya.

Abraham juga menegaskan, kemampuan dr. Achmad Yurianto dalam menjelaskan situasi Covid-19 secara akurat dan tenang, merupakan salah satu kontribusi nyata bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dengan peran beliau, kita bisa melewati pandemi Covid-19 tanpa kerusuhan atau kepanikan berlebih, pungkas Abraham.

Seperti diketahui, Mantan juru bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meninggal dunia, di RS dr. Syaiful Anwar Kota Malang, pada Sabtu.

Sebelumnya, Yuri sudah sempat dirawat karena stroke di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat selama beberapa pekan. Ia mengalami stroke pasca menjalani kemoterapi kanker usus yang diidapnya. Jenazah Achmad Yurianto di kebumikan di Jl Ir Soekarno 31, Kota Batu, Jawa Timur.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/22/337/2598241/ksp-achmad-yurianto-beri-kontribusi-nyata-indonesia-saat-indonesia-hadapi-badai-covid-19?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/22/337/2598241/ksp-achmad-yurianto-beri-kontribusi-nyata-indonesia-saat-indonesia-hadapi-badai-covid-19?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Achmad Yurianto, Badai, Juri Ardiantoro, Soekarno,
topics New Normal, stroke,
fasums RSPAD Gatot Soebroto,
products masker,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Malang,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,