Tim SAR Ungkap Kendala Pencarian Korban Tertimbun Longsor di Cijeruk Bogor

  • 22 Mei 2022 11:25:23
  • Views: 4

Bogor -

Tim SAR Gabungan masih melakukan proses pencarian terhadap Masnoneng alias Eneng (24), salah satu korban tertimbun longsor di Cijeruk, Kabupaten Bogor. Petugas masih berusaha mengevakuasi batu dan beton yang menimbun tubuh Eneng.

Pantauan detikcom pukul 10.00 WIB, tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, dan unsur SAR lainnya nampak masih mencari titik atau posisi korban tertimbun. Material longsor berupa batu, beton dan tanah diangkat dari lokasi longsor. Batu dan beton yang tebal dipecah menggunakan alat hidrolik. Sementara tim pemadam kebakaran menyemprot material longsor agar lebih mudah terangkat.

Tim SAR gabungan untuk pagi ini masih melanjutkan kegiatan pencarian dan pertolongan, kita sekarang sudah membagi jadi 2 tim, akan bergantian untuk melakukan kegiatan, kata Ketua tim Basarnas Fajar Laksana Ginting ditemui di lokasi longsor, Minggu (22/5/2022).

ProsesProses evakuasi korban longsor di Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (22/5) Foto: Sholihin/detikcom

Tim 1 melakukan pencarian menggunakan alat khusus, dengan water canon dibantu tim damkar. Lalu kita juga gunakan alat khusus pencarian di reruntuhan dan bangunan, ada juga hidrolik untuk membuka jalur di titik-titik yang dicurigai keberadaan korban, tambahnya.

Fajar menyebut, proses evakusi korban tertimbun longsor saat ini masih terkendala material longsor yang menimbun korban, berupa batu dan beton. Batu berukuran besar dan beton yang tebal menjadi salah satu kendala dalam proses evakuasi. Posisi yang sempit dan tebingan yang dikhawatirkan kembali longsor membuat tim gabungan lebih hati-hati.

Kesulitan pertama yakni batuan yang sangat tebal dan keras yang ada di lokasi, sehingga menyulitkan proses evakuasi di titik-titik yang kita curigai adanya posisi korban, kata Fajar.

Seperti diketahui, sebanyak 3 bangunan di Kampung Pasir Pogor tertimbun longsor pada Sabtu (21/5/2022). Dalam kejadian itu, sebanyak 4 orang selamat dalam kejadian itu.

Selain itu, 4 orang lainnya sempat tertimbun longsoran. Dari 4 orang tang tertimbun, sebanyak 3 orang ditemukan meninggal dunia saat dievakuasi. Sementara 1 orang lainnya masih dalam pencarian.

(aik/aik)

https://news.detik.com/berita/d-6089478/tim-sar-ungkap-kendala-pencarian-korban-tertimbun-longsor-di-cijeruk-bogor

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6089478/tim-sar-ungkap-kendala-pencarian-korban-tertimbun-longsor-di-cijeruk-bogor
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Tim SAR, TNI,
topics longsor,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases kebakaran,