Kasus Covid-19 di Korea Utara Dilaporkan Turun

  • 22 Mei 2022 09:05:32
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Untuk pertama kalinya setelah hampir 10 hari, kasus harian ‘demam’ di negara itu turun sampai di bawah 200 ribu kasus. Hal ini diumumkan oleh media milik Pemerintah Korea Utara KCNA pada Minggu, 22 Mei 2022.

Trend positif ini, terjadi setelah Korea Utara mengambil kebijakan lockdown usai teridentifikasinya kasus pertama Covid-19 di sana pada 12 Mei 2022. Wabah virus corona di Korea Utara telah menimbulkan waswas karena kurangnya vaksin virus corona, infrastruktur medis yang kurang memadai dan buntut dari pandemi ini yang bisa membuat krisis makanan di negara yang berpenduduk 25 juta jiwa.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan masker saat memeriksa apotek di tengah wabah Covid-19 di Pyongyang, Korea Utara pada 15 Mei 2022. Korea Utara telah memobilisasi militernya untuk mendistribusikan obat-obatan COVID dan mengerahkan lebih dari 10.000 petugas kesehatan untuk membantu melacak pasien potensial terkena Covid-19. KCNA

Korea Utara sebagian besar menolak bantuan dari luar. Negara itu masih menutup pintu-pintu perbatasannya dan tidak mau mengkonfirmasi data dari lembaga independen.      

Korea Utara kekurangan alat untuk melakukan tes virus corona sehingga total orang yang positif Covid-19 di sana sulit dilacak. Sebaliknya, otoritas kesehatan di negara itu melaporkan kasus Covid-19 berdasarkan jumlah warga mengalami gejala demam. Dengan begitu, sulit untuk menilai skala gelombang Covid-19.

KCNA dalam pemberitaan pada Minggu, 22 Mei 2022, menyebut lebih dari 186.090 orang di Korea Utara pernah mengalami gejala demam dan lebih dari satu orang meninggal. Lebih dari 2 juta dari total 2,6 juta kasus kumulatif, dilaporkan sudah pulih. Sedangkan total kematian akibat Covid-19 di Korea Utara sebanyak 67 orang.

“Situasi penyebaran epidemik saat ini di Korea Utara telah memperlihatkan sebuah tren positif dari tingginya kasus di awal-awal hingga terjadi penurunan. Kondisi saat ini stabil dan terkendali. Setiap jumlah pasien yang sembuh, meningkat, demikian pemberitaan KCNA.

Sebelumnya pada tahun lalu, Korea Utara mengaku telah mengembangkan alat PCR sendiri. Untuk melakukan tes virus corona. KCNA dalam pemberitaannya menyebut Korea Utara sedang mengembangkan alat tes reagent dan tes antibody untuk deteksi dini pandemi Covid-19.

Sumber: Reuters        

Baca juga: Sebut Demam, bukan Covid-19, Korea Utara Dorong Warganya Pakai Obat Tradisional

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1593896/kasus-covid-19-di-korea-utara-dilaporkan-turun

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1593896/kasus-covid-19-di-korea-utara-dilaporkan-turun
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kim Jong Un,
companies Google, Reuters,
topics lockdown,
products masker, PCR, vaksin,
nations Korea Utara,
places DKI Jakarta,
cities Pyongyang,
cases covid-19,