3 Tips Menjaga Fisik Ikan Hias

  • 22 Mei 2022 09:03:38
  • Views: 16

TEMPO.CO, JakartaBentuk tubuh dan kelengkapan fisik ikan hias sangat mendukung penampilannya. Kondisi fisik ikan yang utuh tanpa cacat menjadi syarat penting dalam kriteria penampilan yang menarik dari ikan hias. Karena itu, merawat fisik ikan hias sangat penting.

Dikutip dari buku Super Lengkap Ikan Hias Air Tawar Populer, ada beberapa tips menjaga fisik ikan hias tidak rusak. Tips tersebut antara lain:

1. Gunakan Serokan Halus dan Rapat

Pada saat pengambilan ikan dari bak atau akuarium, gunakan serokan yang halus dari kain yang cukup rapat. Hal ini untuk menjaga agar ikan tidak terluka atau sirip terjerat serokan. Selain itu, usahakan agar serokan tetap berada di air sehingga ikan tidak stres atau meloncat-loncat.

2. Surutkan Air Ketika Menyerok Ikan Hias

Untuk menyerok ikan di kolam atau akuarium yang airnya penuh, sebaiknya surutkan airnya terlebih dahulu agar penyerokan lebih mudah dilakukan. Ikan yang berada di akuarium dengan air yang penuh akan lebih susah ditangkap karena selalu berenang cepat. Penyerokan penuh hanya akan menyebabkan ikan stres.

3. Gunakan Sendok atau Mangkuk Ketika Memindahkan Ikan Hias

Untuk memindahkan ikan dari serokan ke tempat lain, sebaiknya menggunakan sendok besar atau mangkuk sehingga ikan dapat diangkat bersama air. Masukkan sendok atau mangkuk ke dalam serokan yang ada airnya sehingga ikan masuk ke dalam tempat pemindah.

Apabila ingin dipindahkan untuk dikemas dan airnya tidak ikut dipindahkan, ikan dipegang hati-hati dengan tangan dan jangan terlalu lama. Usahakan ikan jangan sampai jatuh.

4. Sediakan Substrat

Selama dalam pemeliharaan, sediakan substrat atau tempat sembunyi untuk ikan, baik berupa batu, tanaman, air, batang, atau ranting pohon. Perlengkapan ini terutama disediakan untuk ikan yang senang bersembunyi seperti black ghost dan kelompok catfish.

4. Atur Arus Air Filter

Apabila menggunakan filter, arus air diatur jangan terlalu deras atau kencang. Demikian pula kekuatan aerasi perlu disesuaikan. Aerasi atau aliran yang kuat membuat ikan hias terbentur dan dapat menimbulkan sirip menjadi pecah-pecah.

NAUFAL RIDHWAN ALY

Baca juga: Lakukan 3 Hal Ini agar Ikan Hias Anda Semakin Menarik


https://gaya.tempo.co/read/1593784/3-tips-menjaga-fisik-ikan-hias

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1593784/3-tips-menjaga-fisik-ikan-hias
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
places DKI Jakarta,
cities Batang,
animals ikan hias,