Menerka Maksud Arahan 'Ojo Kesusu' Jokowi di Depan Ganjar

  • 22 Mei 2022 08:24:02
  • Views: 18

Jakarta -

Di depan Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo meminta relawan Pro Jokowi (Projo) untuk 'ojo kesusu' alias jangan terburu-buru dalam menentukan bakal calon Presiden 2024 yang didukung. Meski begitu, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, melihat sinyal Jokowi lebih condong mendukung Ganjar.

Kalau melihat tanda-tanda alam, sepertinya Jokowi lebih condong ke Ganjar meski Jokowi tak pernah menyatakan secara terbuka. Kalau melihat gerakan politik Projo tampak jelas kemana arah politik Jokowi, kata Adi ketika dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Teriakan Projo soal Ganjar jelas menjadi tanda tegas kemana arah politiknya, lanjutnya.

Adi juga menyorot pernyataan Jokowi yang menyebut 'mungkin yang didukung ada di sini'. Kata-kata ini, tambah Adi, menjadi sinyal kuat arah dukungan Jokowi.

PakarFoto: Pakar Politik Adi Prayitno (Dok. Istimewa)

Bahkan Kalimat Jokowi saat sambutan di depan Projo yang mengatakan 'mungkin yang didukung ada di sini' menjadi sinyal kuat arah politik Jokowi. Ke depan tentu sangat dinamis. Belum bisa ditebak hitam putih, imbuh Adi.

Relawan Projo, kata Adi, secara kasat mata ingin usung Ganjar maju Pilpres 2024. Adi menambahkan dalam banyak hal, semua instrumen pemenangan Jokowi di Pilpres lalu terlihat mendukung Ganjar.

Tapi Ganjar masih harus bersaing dengan Puan untuk mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju Pilpres. Meski ada matahari kembar secara umum PDIP surplus kader untuk maju Pilpres, jelas Adi.

Dulu Puan terlihat landai urusan Pilpres. Tapi setahun belakangan, Puan tampak serius melakukan kerja-kerja politik. Turun ke bawah, bantuan sosial, silaturahmi ke tokoh penting, dan seterusnya. Bahkan belakangan ini Puan secara terbuka nantang capres lain agar tak hanya modal ganteng dan viral di medsos, sambungnya.


Arahan 'Ojo Kesusu' Jokowi

Jokowi juga memberikan arahan kepada Projo untuk 'ojo kesusu'. Arahan ini dinilai agar Jokowi tidak terjebak antara relawan dan partai.

Adanya gerakan relawan Jokowi yang aktif bersuara mendukung Ganjar Pranowo padahal partai asal Jokowi, PDI Perjuangan belum menentukan capres, ujar Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat.

Jadi beliau minta relawan bersabar agar beliau tidak terjebak situasi yang tidak mengenakkan, terjebak di tengah antara relawan dan partai, lanjutnya.

HendriFoto: Hendri Satrio (Tim detikcom)

Hendri menilai Jokowi lebih condong ke Ganjar. Ia mengingatkan presiden tidak seharusnya mengarahkan dukungannya.

Seharusnya Presiden tidak boleh mengarahkan dukungan, tidak boleh mengarahkan kapan dukungan diberikan dan todak boleh mengarahkan kepada siapa dukungan diberikan, imbuh Hendri.

Jokowi memahami bahwa situasi politik sangat dinamis yang memungkinkan relawan Jokowi untuk mempertimbangkan memberikan dukungan bagi siapapun capresnya termasuk Prabowo, Puan Maharani maupun Anies Baswedan, lanjutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6089289/menerka-maksud-arahan-ojo-kesusu-jokowi-di-depan-ganjar

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6089289/menerka-maksud-arahan-ojo-kesusu-jokowi-di-depan-ganjar
Tokoh

















Graph