Pembayaran Lebih Mudah dengan e-Wallet, Uang Tunai Makin Menjauh

  • 22 Mei 2022 08:05:24
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Seiring kemajuan teknologi pembayaran dan transaksi jual-beli lainnya tak hanya dapat digunakan dengan uang tunai. Kini pembayaran dapat dilakukan lebih mudah dengan menggunakan e-wallet.

Berdasarkan data perusahaan teknologi finansial (fintech) Xendit, e-wallet menjadi platform pembayaran digital terpopuler pada tahun 2021. Dari 150 juta lebih transaksi digital yang diproses Xendit, 43 persen transaksi keuangan menggunakan e-wallet.

Dilansir dari Antara, e-wallet atau dompet digital merupakan layanan elektronik yang berfungsi mempermudah proses transaksi yang berhubungan dengan uang, serta menyimpan datanya.

Transaksi yang dapat dilakukannya pun bermacam-macam, mulai dari transfer, pengisian pulsa, pembayaran listrik, pengisian saldo di market place dan lainnya. Dengan hadirnya e-wallet mempermudah manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut tanpa harus antre di bank maupun ATM. 

Selain itu dengan e-wallet juga dapat digunakan sebagai tempat menyimpan uang atau menabung. Caranya cukup top-up atau mengisi sejumlah uang yang ingin disimpan agar tidak bisa diambil secara tunai. 

Di Indonesia sendiri sudah terdaftar berbagai macam e-wallet seperti ovo, shopeepay, dana, jenius, gopay, Isaku, dan lainnya. Untuk dapat top-up e-wallet pun sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dapat diisi melalui ATM, ritel modern, maupun m-banking sesuai pilihan yang diinginkan.

Bila ingin top-up melalui ritel modern caranya sangat mudah. Hanya perlu mendatangi ritel modern terdekat dan mengatakan pada kasir bahwa Anda ingin top-up e-wallet yang Anda inginkan, dengan menyebutkan nomor telepon Anda. Lalu berikan uang tunai  atau bayar dengan kartu debit, dan biaya admin (bila ada) sesuai yang disebutkan kasir.

ANNISA FIRDAUSI 

Baca: E-Wallet jadi Alat Pembayaran Digital Terpopuler 2021

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1593878/pembayaran-lebih-mudah-dengan-e-wallet-uang-tunai-makin-menjauh

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1593878/pembayaran-lebih-mudah-dengan-e-wallet-uang-tunai-makin-menjauh
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana, Google, Gopay, OVO, ShopeePay,
topics Listrik,
products fintech,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,