Mengenal Konsultan Manajemen, Profesi Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

  • 22 Mei 2022 07:03:45
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta -Salah satu jenis pekerjaan yang menjadi idaman para fresh graduate adalah konsultan manajemen.

Profesi yang satu ini menawarkan peluang emas di masa depan, mulai dari jumlah gaji yang hingga prospek kenaikan jenjang karir yang mudah.

Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini secara umum bertanggung jawab memberikan saran kepada klien yang berkonsultasi, untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. 

Secara umum, dikutip prospects.ac.uk, konsultan manajemen memiliki tugas untuk membantu organisasi dalam memecahkan masalah, menciptakan nilai, memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan kinerjanya.

Umumnya, konsultan manajemen berkerja untuk organisasi di bidang bisnis. Konsultan manajemen akan memberikan rekomendasi dan saran pengelolaan sumber daya dan solusi untuk memecahkan masalah yang dialami oleh perusahaan bisnis.

Dilansirekonomi.bunghatta.ac.id, meskipun demikian, konsultan manajemen juga memberikan saran kepada lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba.

Pada dasarnya, konsultan manajemen memiliki ruang lingkup kerja yang luas. Perusahaan konsultan menawarkan layanan di semua bidang bisnis, mulai dari SDM dan pemasaran, hingga TI dan keuangan. Akan tetapi secara garis besar, berikut adalah kategori lingkup konsultan manajemen:

  1. Konsultan internal
  2. Konsultan independent
  3. Konsultan strategi
  4. Spesialis IT
  5. Perusahaan Akuntasi

Pekerjaan konsultan manajemen pun telah populer di seluruh dunia. Dikutip brightnetwork.co.uk, bahkan, ada tiga perusahaan konsultan bergengsi di dunia, atau dikenal sebagai ‘Big Three’. Ketiga perusahaan tersebut adalah McKinsey & Company, Boston Consulting Group, dan Bain & Company. 

Melansir dari themuse.com, salah satu hal yang harus diperhatikan apabila ingin mendalami profesi konsultan manajemen adalah kemampuan dalam menyeimbangkan analitis dan komunikasi.

Sebagian besar konsultan manajemen akan berhubungan dengan analisis data, menyusun rangkaian kalimat, dan rekomendasi yang ringan dan mudah dipahami oleh klien. Dengan demikian, seorang konsultan manajemen berperan sebagai fasilitator yang mampu meyakinkan orang lain atas rekomendasi yang dihasilkannya.

Dengan demikian, pekerjaan konsultan manajemen memiliki lingkup bidang yang luas. Hal ini menjadikan konsultan manajemen sebagai opsi karir yang menjanjikan di masa depan.

Profesi konsultan manajemen menawarkan berbagai proyek, tantangan, dan peluang untuk pengembangan kemampuan intrepersonal seseorang.

NAOMY A. NUGRAHENI

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Ekstrovert, HR Manager hingga Event Planner


https://gaya.tempo.co/read/1593857/mengenal-konsultan-manajemen-profesi-pekerjaan-yang-menjanjikan-di-masa-depan

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1593857/mengenal-konsultan-manajemen-profesi-pekerjaan-yang-menjanjikan-di-masa-depan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ngos McKinsey,
products emas,
places DKI Jakarta,