Jokowi: Harga Minyak Goreng Curah Akan Kembali ke Rp 14 Ribu dalam 1-2 Minggu

  • 22 Mei 2022 07:04:56
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan mengecek secara langsung harga minyak goreng curah di pasar tradisional pasca-larangan ekspor CPO atau crude palm oil dicabut. Dalam waktu dekat, ia memastikan harga minyak goreng curah akan kembali ke batas harga eceran tertinggi (HET).

“Tapi ini kuncinya sudah ketemu, ini dalam seminggu, dua minggu, Insya Allah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp 14 ribu (per liter), katanya dikutip dari Bisnis, Sabtu, 21 Mei 2022.

Jokowi telah meninjau harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan, Magelang. Hasilnya, harga per liter turun ke Rp 14.500 dari sebelumnya di atas Rp 17 ribu di sejumlah tempat.

Jokowi pun berencana mengecek harga minyak goreng di pasar-pasar tradisional lain. Ia ingin harga minyak goreng di semua pasar segera seragam.

Sebelumnya, pemerintah mengambil kebijakan untuk melarang ekspor CPO dan minyak goreng pada 28 April 2022. Satu setengah bulan kebijakan berjalan, pemerintah kemudian mencabutnya.

Jokowi mengakui penyetopan ekspor minyak goreng bukan keputusan mudah. Musababnya, aturan ini membuat harga tandan sawit jatuh dan memberikan dampak terhadap 17 juta orang tenaga kerja.

Namun upaya ini dilakukan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di tengah meningkatnya harga energi dan pangan di dunia. “Karena harga minyak goreng terutama di Eropa, di Amerika naiknya tinggi, harga di dalam negeri ketarik (naik harganya), ujar Jokowi.

Saat kenaikan harga terjadi, produsen minyak goreng di dalam negeri lebih memilih mengekspor minyak goreng dibandingkan memasok di dalam negeri. Walhasil, terjadi kenaikan harga minyak karena kelangkaan stok.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan pemerintah akan terus berupaya agar harga pangan dan energi di dalam negeri terjaga. Ia mengantisipasi adanya lonjakan kenaikan harga yang signifikan di kedua sektor tersebut.

BISNIS

Baca juga: Dahlan Iskan Cerita Soal Kisruh Minyak Goreng, Lin Che Wei, dan Reputasi Jokowi

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1593872/jokowi-harga-minyak-goreng-curah-akan-kembali-ke-rp-14-ribu-dalam-1-2-minggu

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1593872/jokowi-harga-minyak-goreng-curah-akan-kembali-ke-rp-14-ribu-dalam-1-2-minggu
Tokoh





Graph

Extracted

persons Dahlan Iskan, joko widodo,
companies Google,
topics ekspor, Mudik, Protokol Kesehatan,
products CPO,
nations Amerika Serikat,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang,
musicclubs APRIL,