Jelang Idul Adha, Mentan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman di Tengah Wabah PMK

  • 22 Mei 2022 04:07:44
  • Views: 6

IDXChannel – Meski berada di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa stok hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha dipastikan aman.

Ketersediaan dalam menghadapi Idul Adha beberapa bulan ke depan semua sudah dalam proses persiapan yang sebaik-baiknya. Tentu kita juga berharap daerah-daerah yang terkena langsung melakukan lockdown, ungkapnya melalui siaran tertulis, Jumat (20/5/2022).

Syahrul menerangkan, upaya penyembuhan hewan ternak yang terjangkit wabah PMK sudah dilakukan secara masif, sehingga tingkat kematian bisa diantisipasi dengan maksimal.

Ia menjelaskan kalau tingkat kematian hewan akibat wabah PMK ini masih sangat rendah, hanya sekitar 1 persen.

Jadi yang terkontaminasi itu dan yang mati itu dibawah 1 persen, jadi kalau di data yang ada itu hanya di sekitar 1 persen lah (tingkat kematian), ujarnya.

Menurut data Kementerian Pertanian, proyeksi pemotongan kurban pada tahun 2022 akan mengalami kenaikan 5 sampai 6 persen menjadi 1.722.982 ekor, dibandingkan dengan tahun 2021 yang memiliki total pemotongan sebanyak 1.640.935 ekor.

Sedangkan potensi untuk ketersediaan hewan kurban pada tahun 2022 tidak termasuk daerah yang masuk dalam zona merah (terkonfirmasi PMK hasil laboratorium) sebanyak 1.731.594 ekor. (FHM)


https://www.idxchannel.com/economics/jelang-idul-adha-mentan-pastikan-stok-hewan-kurban-aman-di-tengah-wabah-pmk

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/jelang-idul-adha-mentan-pastikan-stok-hewan-kurban-aman-di-tengah-wabah-pmk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Syahrul Yasin Limpo,
companies ADA, MNC,
topics lockdown,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
cases zona merah,