Muktamar VI PITI Hasilkan Ketua Umum Baru

  • 21 Mei 2022 23:18:33
  • Views: 12

MerahPutih.com - Muktamar ke-VI Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) resmi menghasilkan ketua umum baru.

Hajatan nasional keenam organisasi yang berdiri sejak 1961 tersebut digelar tiga hari, 20-22 Mei 2022, dengan agenda temu nasional anggota, senior PITI, unsur pemerintah, dan tokoh lintas agama, pembacaan laporan pertanggung jawaban Plt Ketua Umum Denny Sanusi, dan sidang pleno pemilihan ketua umum baru.

Baca Juga:

Muktamar ke-VI PITI, Sesjen Bimas Islam Serukan Dakwah Menyejukkan Bagi Umat

Sebelum sidang pleno dibuka, senior PITI, Jusuf Hamka memberikan petuah tentang peran strategis PITI sebagai organisasi inklusif perawat pluralisme di Indonesia sehingga harapannya hasil Muktamar ke-VI dapat membawa kebaikan dan persatuan umat.

Dengan segala kerendahan hati, saya meminta agar PITI tidak ada perpecahan. Tidak ada dualisme. Kompak kembangkan PITI, pesan Jusuf Hamka kepada peserta muktamar bertema Dengan Semangat Islam Rahmatan Lil-Alamin PITI mengawal Pluralisme untuk NKRI dihelat di Hotel Golden Boutique, Kemayoran, Jakarta Pusat, (21/5).

PITI
Senior PITI sekaligus pengusaha Jusuf Hamka memberi pertuah di hadapan peserta Muktamar ke-VI PITI. ((Foto: Ferry Tri Adi Sasono)

Selain Jusuf Hamka, hadir pula senior PITI lainnya, antara lain Eddy Sulaeman dan Anda Hakim.

Sidang pleno dilangsungkan di bawah Ketua Sidang Sofyan Panigoro (Steering Committee), Sekretaris Aksan Visyawan (DPW Babel), Anggota Arta Dharmadi (DPP), Anggota Linda Lestari (DPW Yogyakarta), dan Anggota Muhammad Toha (DPW NTB).

Sebanyak 15 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW), antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, NTB, Bali, Lampung, Yogyakarta, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jambi, hadir untuk menentukan pilihannya pada Muktamar ke-VI PITI.

Masing-masing DPW dengan tertib menggunakan hak pilihnya menentukan nama ketua umum begitu proses pemilihan dibuka. Muncul tiga nama kandidat, antara lain Serian Wijatno, Denny Sanusi, dan Aksan Visyawan.

PITI
Ketua Umum PITI masa bhakti 2022-2027 Serian Wijatno. (Foto: Ferry Tri Adi Sasono)

Dari 15 suara terkumpul, Serian Wijatno tampil menjadi pemuncak dengan raihan 12 suara, lalu urutan kedua Denny Sanusi 2 suara, dan terakhir Aksan Visyawan 1 suara.

Dengan hasil tersebut, maka Muktamar ke-VI PITI resmi menetapkan Dr H Serian Wijatno, SE sebagai Ketua Umum PITI masa bhakti 2022-2027.

Saya mengajak para anggota untuk sama-sama memajukan PITI sebagai organisasi Islam nan unggul dan profesional mencerminkan Islam rahmatan lil alamin, kata Serian Wijatno pada pidato penyampaian visi dan misinya di hadapan forum.

PITI
Ketua sidang rapat pleno sedang menjelaskan aturan sidang. (Foto: Ferry Tri Adi Sasono)

Cerminan Islam, lanjut 'Sang Ketum' PITI, ada pada diri masing-masing umat Islam sebab orang di luar Islam akan terlebih dahulu menilai Islam dari umatnya, maka jadi tantangan besar untuk berperilaku sesuai akidah Islam rahmatan lil alamin.

Estafet kepemimpinan PITI dari Plt Ketua Umum Denny Sanusi selanjutnya berpindah kepada Serian Wijatno.

Hari ini jadi hari berbahagia bagi saya dan keluarga saya. Terpilihnya Serian Wijatno secara demokratis menjadi bukti PITI tidak pecah. Kompak! kata Denny Sanusi. (*)

Baca Juga:

Muktamar VI PITI Usung Persatuan Umat


https://merahputih.com/post/read/muktamar-vi-piti-hasilkan-ketua-umum-baru

Sumber: https://merahputih.com/post/read/muktamar-vi-piti-hasilkan-ketua-umum-baru
Tokoh





Graph