Melirik Kontribusi UMKM Perempuan bagi Pendapatan Negara Berkembang

  • 21 Mei 2022 20:58:59
  • Views: 15

Liputan6.com, Jakarta Upaya peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penerapan kesetaraan gender mendapatkan dukungan dari empat kementerian.

Keempat kementerian yaitu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Menteri BUMN, sepakat kontribusi UMKM pada perekonomi negara selama pandemi dan masa pemulihan pasca pandemi sangat besar.

Seperti Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Menteri Teten Masduki mengadopsi tiga rekomendasi kebijakan berwawasan ke depan yang dapat memperkuat komitmen aksi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam membangun kembali produktivitas perempuan, khususnya pada UMKM yang dimiliki dan dipimpin oleh wanita.

“Rekomendasi pertama, pentingnya meningkatkan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan investor untuk mendukung wirausaha perempuan. Kedua, mendorong kebijakan di bidang keuangan dan infrastruktur yang sensitif gender dan memberikan akses pendanaan dan legalitas. Ketiga, meningkatkan program literasi digital keuangan bagi pengusaha perempuan untuk meningkatkan kesiapan investasi, kata Menteri Teten, Sabtu (21/5/2022).

Menteri Teten tidak memungkiri, UMKM terbukti dapat memberikan kontribusi hingga 40 persen dari pendapatan nasional di negara berkembang dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Menurutnya, pengembangan UMKM merupakan prioritas tinggi bagi banyak negara di seluruh dunia, karena mereka dapat berkontribusi hingga 40 persen dari pendapatan nasional di negara berkembang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Polisi membubarkan antream pencairan dana UMKM. Pembubaran terkait atrean yang melebihi batas dan rawan penularan Covid-19. Akibat pembubaran ini seorang Ibu menangis histeris.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967708/melirik-kontribusi-umkm-perempuan-bagi-pendapatan-negara-berkembang

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967708/melirik-kontribusi-umkm-perempuan-bagi-pendapatan-negara-berkembang
Tokoh





Graph