Tiga Hal ini jadi Upaya Pemerintah Hidupkan Kembali UMKM Pasca-Pandemi

  • 21 Mei 2022 20:52:47
  • Views: 7

JawaPos.com – Ekonomi Indonesia terus bangkit pada tahun ini. Pada saat bersamaan Indonesia dipercaya menjadi Presidensi G20. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sangat berharap kesempatan ini digunakan secara maksimal.

“Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata. Indonesia siap berkolaborasi dan menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini. Indonesia juga harus menghasilkan terobosan-terobosan besar dari forum G20, kata Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Adapun substansi dari G20 terdiri dari jalur keuangan (Finance Track) dan jalur non-keuangan (Sherpa Track). Isu yang dibahas pada Sherpa Track terkait sektor riil, antara lain tentang kesehatan, ketenagakerjaan, perdagangan-investasi-industri, ekonomi digital, pariwisata, energi dan lingkungan, pembangunan, antikorupsi, serta pemberdayaan perempuan dan pemuda.

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hasil survei beberapa lembaga seperti BPS, Bappenas, dan World Bank menunjukkan pandemi menyebabkan banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan listrik, gas, dan gaji karyawan.

Beberapa diantaranya sampai harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kendala lain yang dialami UMKM, antara lain sulitnya memperoleh bahan baku, permodalan, pelanggan menurun, distribusi, dan produksi terhambat.

Untuk melewati pandemi, UMKM mengandalkan bantuan pemerintah. Indonesia telah menyediakan insentif dukungan bagi UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 2020 dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 112,84 triliun telah dinikmati oleh lebih dari 30 juta UMKM.

Sementara untuk tahun 2021, pemerintah menganggarkan PEN sebesar Rp 21,90 triliun untuk menjaga kelanjutan momentum pemulihan ekonomi.

Mendorong upaya pemulihan ekonomi ini, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto berfokus pada tiga hal. Mereka yakni peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam pembangunan ekonomi, pemulihan ekonomi setelah pandemi, serta pemulihan ekonomi melalui pariwisata dan manufaktur.


https://www.jawapos.com/ekonomi/21/05/2022/tiga-hal-ini-jadi-upaya-pemerintah-hidupkan-kembali-umkm-pasca-pandemi/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/21/05/2022/tiga-hal-ini-jadi-upaya-pemerintah-hidupkan-kembali-umkm-pasca-pandemi/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, joko widodo,
ministries Bappenas, BPS,
ngos World Bank,
topics Listrik, Pemulihan Ekonomi Nasional,
products UMKM,
nations Indonesia,
cases covid-19, PHK,