Perusahaan Gas Rusia Gazprom Mulai Hentikan Ekspor Gas ke Finlandia

  • 21 Mei 2022 20:47:38
  • Views: 6

AKURAT.CO, Perusahaan gas Rusia Gazprom menghentikan ekspor gas ke Finlandia mulai hari ini Sabtu (21/5/22). Hal tersebut dikarenakan setelah operator sistem gas Finlandia menolak untuk membayar Gazprom dengan Rubel.

Melansir dari Reuters, Sabtu (21/5/22), pemberhentian tersebut disampaikan langsung oleh distributor gas milik negara, Gasum. Gazprom telah memperingatkan aliran akan dihentikan mulai pukul 04.00 GMT pada Sabtu pagi.

Pasokan gas alam ke Finlandia di bawah kontrak pasokan Gasum telah terputus, kata Gasum dalam sebuah pernyataan.

baca juga:

Mulai hari ini, selama musim panas mendatang, Gasum akan memasok gas alam ke pelanggannya dari sumber lain melalui pipa konektor Baltik, lanjutnya

 Mayoritas gas yang digunakan di Finlandia berasal dari Rusia tetapi gas hanya menyumbang sekitar 5 persen dari konsumsi energi tahunannya.

Gasum, pemerintah Finlandia dan perusahaan konsumen gas individu di Finlandia menyampaikan mereka siap untuk penutupan aliran Rusia dan bahwa negara akan mengelola tanpanya.

Finlandia pada hari Jumat mengatakan telah setuju untuk menyewa kapal penyimpanan dan regasifikasi dari Excelerate Energy (EE.N) yang berbasis di AS untuk membantu menggantikan pasokan Rusia, mulai kuartal keempat tahun ini.

Sekedar informasi, Rusia mulai mengaku telah berhasil lepas dari krisis keuangan apabila dilihat dari nilai mata uang yang sudah menguat dan data ekonomi membaik. Namun, para ahli mengatakan, angka tersebut tak sesuai dengan fakta yang terjadi Rusia.

Tak hanya itu, pihak pemerintahan Putin mengklaim bahwa indikator kegiatan ekonomi membaik yang ditandai berhasilnya Rusia menghindari gagal bayar utang mata uang asingnya di tengah sanksi Barat yang telah membekukan sebagian besar simpanan keuangan.


https://akurat.co/perusahaan-gas-rusia-gazprom-hentikan-eskpor-gas-ke-finlandia

Sumber: https://akurat.co/perusahaan-gas-rusia-gazprom-hentikan-eskpor-gas-ke-finlandia
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
topics ekspor,
nations Finlandia, Rusia,