4 Fakta Terkait Aksi Buruh dan Mahasiswa Hari Ini, Minggu 21 Mei 2022

  • 21 Mei 2022 20:49:34
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Sabtu (21/5/2022), sejumlah aliansi buruh dan mahasiswa turun ke jalan. Mereka menyampaikan aspirasi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos, massa yang melakukan aksi membawa empat tuntutan utama.

Pertama meminta pemerintah mencabut Omnibus Law RUU Cipta Kerja beserta turunnya. Kedua, menghentikan pembahasan revisi undang-undang dan pembentukan peraturan perundang-undangan, ujar Nining, Sabtu (21/5/2022).

Kemudian ketiga, lanjut dia, hentikan aksi represif aparat dan kriminalisasi terhadap gerakan rakyat. Terakhir, menuntut pemerintah menurunkan harga BBM, tarif dasar listrik, LPG dan sembako.

Guna mengamankan aksi, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta mengaku menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di dua lokasi, yaitu Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Gedung DPR/MPR, yang dikabarkan menjadi tempat aksi.

Untuk persiapan sudah dilaksanakan sementara. Kalau tidak mendesak tidak ada penutupan atau pengalihan arus seperti biasa saja, ujar Purwanta kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menerangkan, sebanyak 5.750 personel dikerahkan untuk mengawal aksi unjuk rasa hari ini.

Kita bagi di dua titik untuk mengantisipasi, jadi saat ini kegiatan kita adalah pengawalan jalannya penyampaian pendapat di muka umum di dua titik yakni di DPR dan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, ujar Komarudin.

Berikut sederet fakta terkait aksi aliansi buruh dan mahasiswa pada hari ini, Sabtu (21/5/2022) dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Aksi demo buruh akan dilaksanakan di kawasan GBK dan depan gedung DPR/MPR RI pada Sabtu (14/5). Berdasarkan pantauan lokasi tersebut terlihat masih normal.


https://www.liputan6.com/news/read/4968035/4-fakta-terkait-aksi-buruh-dan-mahasiswa-hari-ini-minggu-21-mei-2022

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4968035/4-fakta-terkait-aksi-buruh-dan-mahasiswa-hari-ini-minggu-21-mei-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
ministries DPR RI, MPR RI,
ngos KASBI,
topics Buruh, Cipta Kerja, Listrik,
fasums GBK, Gedung DPR,
products Omnibus Law, sembako,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,