Bela Diri Lawang Sakepeng Masuk Festival Budaya

  • 21 Mei 2022 20:44:12
  • Views: 3

KBRN, Palangka Raya: Lawang Sakepeng merupakan atraksi bela diri tradisional Dayak yang biasanya tampil untuk upacara adat pernikahan dan penerimaan tamu, dimasukkan dalam lomba Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022.

Lomba Lawang Sakepeng berlangsung di UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Jumat (20/5/2022).

Tujuan diadakannya cabang lomba Lawang Sakepeng ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan salah satu jenis seni bela diri tradisional Kalimantan Tengah, yang tentunya akan meningkatkan minat kunjungan wisatawan yang melihatnya, ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari di Palangka Raya..

Juri lomba Lawang Sakepeng terdiri dari 3 orang, yaitu Ketua Juri Dreiyano P. Lindan serta dua Anggota Juri Darwin dan Boby Laga. 

Lomba Lawang Sakepeng dibagi dua kategori Putera dan Puteri, dan diikuti dari berbagai kabupaten/kota di Kalteng.

Kategori putera diikuti Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, Murung Raya, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Lamandau, Barito Selatan, dan Kapuas.

Sedangkan kategori puteri diikuti Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Barito Selatan dan Palangka Raya.

Anggota Juri Darwin menyampaikan, bahwa unsur yang dinilai meliputi orisinilitas (keaslian aliran/jurus/gerakan yang ditampilkan), kemantapan gerak (kualitas dan keterampilan gerak, ketegasan dan keberanian), kekayaan gerak (kuantitas/keragamanan gerak, pola langkah dan pola lantai), serta penampilan (kostum, ketepatan waktu, stamina dan ekspresi, keserasian gerak dan musik). 

Lebih lanjut, peserta dari kabupaten/kota diperbolehkan membawa pemain musik serta alat musik sendiri yang identik dengan karakter daerahnya masing-masing.

Peserta yang mengikuti cabang lomba Lawang Sakepeng tampil berpasangan.

(Sumber: MMCKalteng)


https://rri.co.id/daerah/1462381/bela-diri-lawang-sakepeng-masuk-festival-budaya?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1462381/bela-diri-lawang-sakepeng-masuk-festival-budaya?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

places KALIMANTAN TENGAH,
cities Gunung,