Simpatisan Ustaz Abdul Somad Ancam Usir Dubes Singapura, Polisi: Tidak Boleh, Perbuatan Melawan Hukum

  • 21 Mei 2022 19:36:57
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Simpatisan pendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) meminta pemerintah Singapura menyampaikan permohonan maaf karena menolak kunjungan UAS ke negara itu.

Pendukung UAS yang berasal dari Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) mengancam akan mengusir Duta Besar (Dubes) Singapura jika tidak menyampaikan permohonan maaf dalam waktu 2x24 jam.

Pernyataan maaf tersebut merupakan salah satu dari tiga yang diutarakan Perisai saat melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Kedubes Singapura pada Jumat 20 Februari 2022. Aksi demonstrasi yang bertajuk Singapura Sudah Melecehkan Ulama Kami itu digelar untuk menyampaikan sejumlah tuntutan.

Adapun tuntutan Perisai yaitu:

  1. Mengecam Singapura karena telah mendeportasi UAS tanpa alasan yang jelas. Singapura harus meminta maaf secara langsung kepada umat Islam Indonesia karena telah mendeportasi UAS beserta rombongan.

Baca Juga: Cabuli Kakek-Kakek, Ulah Oknum Guru Ngaji di Garut Bikin Heboh

  1. Apabila dalam tempo 2x24 jam Pemerintah Singapura belum meminta maaf, maka Pemerintah RI harus meninjau ulang hubungan diplomatik RI-Singapura
  2. Mendesak Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo meminta maaf kepada UAS umat Islam Indonesia karena telah bersikap acuh tak acuh pada kasus tersebut.

Perisai mengancam akan mengusir Dubes Singapura dari Indonesia jika tidak menyampaikan permohonan maaf sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Baca Juga: Presiden FIM Membandingkan MotoGP dan WSBK, Mana yang Lebih Hebat?

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyebut ancaman tersebut bukanlah merupakan hal yang benar. Selain itu, kata Zulpan, tindakan itu sangat melawan hukum.

Tentunya kalau mengusir paksa itu perbuatan melawan hukum. Tidak boleh seperti itu, kita juga tidak menginginkan hal itu terjadi, ujar Zulpan dikutip dari PMJ News Jumat 21 Mei 2022.

Zulpan menjelaskan bahwa Dubes merupakan perwakilan negara lain yang wajib dijamin keselamatannya selama bertugas di Indonesia. Ia meminta seluruh pendukung UAS untuk mengikuti aturan dan tidak melakukan pengancaman berupa pengusiran.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014531543/simpatisan-ustaz-abdul-somad-ancam-usir-dubes-singapura-polisi-tidak-boleh-perbuatan-melawan-hukum

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014531543/simpatisan-ustaz-abdul-somad-ancam-usir-dubes-singapura-polisi-tidak-boleh-perbuatan-melawan-hukum
Tokoh







Graph

Extracted

persons Endra Zulpan, Suryopratomo, Ustaz Abdul Somad,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
religions Islam,
events MotoGP,
nations Indonesia, Singapura,
places JAWA BARAT,
cities Garut,