Gerakan 98 Berbeda Dengan Sekarang, Romo Benny: Mereka Tidak Paham Apa yang Dituntut

  • 21 Mei 2022 18:48:29
  • Views: 4

Suara.com - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo menyebut gerakan mahasiswa era kini dengan gerakan mahasiswa tahun 98 sangat jauh berbeda.

Hal itu disampaikan Romo Benny dalam diskusi bertajuk 'Jatuhnya Orde Baru dan Fenomena Marcos Jr Filipina' yang disiarkan melalui kanal Youtube Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN), pada Sabtu (21/5/2022).

Romo menuturkan gerakan mahasiswa serta elemen masyarakat tahun 1998 saat itu dari kesadaran hati nurani dengan pula proses yang cukup panjang.

Kalau gerakan sekarang berbeda dengan 98 ya. Kalau 98 itu gerakan yang betul-betul persoalan tentang suara hati kita. Mereka ini betul-betul sebuah kesadaran kolektif dan itu lewat proses yang panjang. Jadi, bagaimana proses awal internalisasi kesadaran kolektif itu kita naungkan di kampus-kampus, kata Romo dalam diskusi,

Baca Juga: Berkaca Pada Kasus Ade Armando, Cak Imin Nilai Kinerja BPIP Tidak Maksimal

Sedangkan, kata Romo, untuk gerakan aksi saat ini bukan lagi dari kesadaran dan spontanitas. Apalagi, juga dengan tuntutan aksi yang ingin dituju juga dianggap tidak terlalu paham.

Bahwa yang sekarang ini, bukan lagi spontanitas bukan lagi kesadaran kolektif. Sehingga yang sekarang ini, mereka pun tidak memahami apa yang mereka tuntut itu tidak pahami, ungkapnya

Kalau yang dulu kan jelas, kita menghadapi rezim diktator. Maka kita harus tumbangkan itu, dan kita kembalikan kita kepada satu demokrasi. Kesadaran itu dibangun dalam proses yang panjang bertahun tahun, katanya.

Menurutnya tuntutan dalam gerakan sekarang ini tidak mengaspirasi semua elemen mahasiswa. Malah, membuat mahasiswa terpecah tidak satu suara untuk melakukan gerakan aksi dengan tuntutan yang sama.

Tidak seperti yang sekarang, tiba-tiba muncul satu tokoh yang tidak dikenal kemudian meluncurkan sesuatu yang sebenarnya, isu ini kan isu yang menurut saya tidak satu kesatuan yang bisa semua diterima oleh mahasiswa. Sehingga terjadi perpecahan, jelas Romo.

Baca Juga: Pembumian Pancasila Langkah TepatMencabut Radikalisme


https://www.suara.com/news/2022/05/21/183454/gerakan-98-berbeda-dengan-sekarang-romo-benny-mereka-tidak-paham-apa-yang-dituntut

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/21/183454/gerakan-98-berbeda-dengan-sekarang-romo-benny-mereka-tidak-paham-apa-yang-dituntut
Tokoh









Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Ade Armando, Romo Antonius Benny Susetyo, Romo Benny,
companies YouTube,
ministries BPIP,
topics Orde Baru,
events Rezim Orde Baru,
products Pancasila,
nations Filipina,