Jokowi Jelaskan Minyak Goreng Bukan Soal Mudah: Semua Barang Mengikutil, Ketarik ke Sana

  • 21 Mei 2022 17:36:59
  • Views: 16

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan persoalan minyak goreng bukan urusan yang mudah untuk diatasi. Harga minyak goreng yang sempat naik pada beberapa waktu silam, menurutnya disebabkan oleh harga di tingkat global.

Jokowi menjelaskan bahwa harga minyak goreng terutama di Eropa dan Amerika mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Itu sebabnya, Indonesia ikut terkena dampak kenaikan harga.

Minyak goreng ini bukan persoalan mudah. Sudah sejak awal Januari saya melihat naik, naik, naik, kenapa? Sama seperti harga pangan lain, karena harga internasionalnya tinggi, ujarnya.

harga globalnya tinggi, semua barang mengikuti, ketarik ke sana, karena harga minyak goreng terutama di Eropa, Amerika, naiknya tinggi, kata Jokowi dalam Rakernas V organisasi relawan Projo, di Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pasrah pada Kematian, Kiwil Beberkan Awal Mula Tubuhnya Digerogoti Virus

Baca Juga: Idrissa Gueye Dihujat karena Tolak Pakai Jersey LGBT PSG, Penggemar 'Kuliti' Standar Ganda Barat

Untuk mengatasi kenaikan harga yang terjadi, Pemerintah, kata Jokowi, sudah melakukan beberapa kebijakan yang salah satunya yaitu menghentikan ekspor minyak goreng. Keputusan itu kebijakan yang tak mudah.

Begitu disetop, harga TBS (Tandan Buah Segar) sawitnya jatuh, turun. Petani sawit, pekerja sawit, 17 juta orang. Negara ini dipikir gampang, tidak mudah, kata Presiden Jokowi.

Selain urusan petani dan pekerja sawit, pemerintah juga memikirkan urusan penerimaan negara, dari pajak sawit, bea ekspor sawit, bea keluar sawit, serta PNBP dari sawit, yang nilainya sangat besar, mencapai kurang lebih Rp60-70 triliun.

Besar sekali, padahal APBN sangat membutuhkan penerimaan negara. Jadi kenapa sampai 4 bulan kita tidak berani setop ekspor itu, juga karena itu. Tapi ini kuncinya sudah ketemu.Ini dalam 1-2 minggu InsyaAllah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp14 ribu, jelas Presiden Jokowi.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014530432/jokowi-jelaskan-minyak-goreng-bukan-soal-mudah-semua-barang-mengikutil-ketarik-ke-sana

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014530432/jokowi-jelaskan-minyak-goreng-bukan-soal-mudah-semua-barang-mengikutil-ketarik-ke-sana
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Kiwil,
topics APBN, ekspor,
products PNBP,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Jersey,
places JAWA TENGAH,