Pastikan Bebas Dari PMK, Mentan Tinjau Peternakan Sapi Di Banten

  • 21 Mei 2022 17:10:04
  • Views: 6

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sigap dengan langsung meninjau peternakan sapi di Provinsi Banten. Peninjauan ini dilakukan guna memastikan sapi dalam kondisi sehat, terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) khususnya dalam menyambut kebutuhan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Hari ini kita bersyukur kepada Allah dari laporan Kadis. Apa yang kita lihat di Banten begitu menggembirakan. Saya sangat mengapresiasi dan kita harus terus menjaga kondisi ini, ujar Syahrul usai meninjau peternakan sapi Rumah Quran Lubawi, Tangerang Selatan, Kamis(19/5).

Syahrul meminta agar Pemerintah Provinsi Banten tetap siaga terhadap wabah penyakit PMK yang saat ini terkonfirmasi di beberapa daerah. 

Berita Terkait : Walhi Jakarta Minta Pembuang Tinja Ke Selokan Disanksi Berat

Penularan PMK dinilai sangat cepat karena dapat menyebar melalui udara, sehingga agenda darurat baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi harus terus diperketat.

Walaupun ini semua aman tidak berarti mengendorkan agenda darurat kita, karena agenda darurat harus disikapi 14 hari. Oleh karena itu, pertahankan kondisi aman ini, kata  Syahrul.

Selanjutnya, Syahrul mengatakan, posko darurat PMK harus tetap disiapkan, lalu lintas ternak harus terus dijaga. Sehingga wabah PMK tetap bisa diantisipasi untuk masuk dari daerah lain.

Berita Terkait : Dokumen BP2MI Dipalsukan Perusahaan Penyalur PMI, Benny Ajak Kemnaker Ikut Bertindak

Komunikasi di kabupaten, provinsi hingga pusat harus terus dilakukan, karena nanti semua di sini harus divaksin untuk menaikkan imunitasnya, kata Syahrul.

Bersamaan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Provinsi Banten Agus Tauchid mengkonfirmasi per 19 Mei 2022, di Provinsi Banten, dari 8 kabupaten/kota tidak ada kasus gejala positif wabah PMK.

Sebelumnya memang kondisi terakhir 2 ekor sapi suspect terkonfirmasi hasil PCR positif. Namun, setelah dirawat, data sudah menunjukkan perkembangan positif, sapi dinyatakan sembuh, jelas Agus.

Berita Terkait : DPR Minta Masyarakat Waspada Di Keramaian

Agus mengatakan, sebelumnya sapi yang dinyatakan positif merupakan sapi yang didatangkan dari daerah jawa. 

Saat mendapat laporan wabah PMK, pemerintah langsung melakukan mengobatan serta melakukan tes PCR untuk sapi lainnya, sehingga antisipasi bisa segera dilakukan.

Kami juga pastikan Pak Menteri, insya Allah untuk kondisi Idul Adha, kebutuhan ternak sapi sudah dipersiapkan dengan baik dan sapi dinyatakan sehat, tutup Agus.■


https://rm.id/baca-berita/government-action/125197/pastikan-bebas-dari-pmk-mentan-tinjau-peternakan-sapi-di-banten
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/125197/pastikan-bebas-dari-pmk-mentan-tinjau-peternakan-sapi-di-banten
Tokoh



Graph

Extracted

persons Syahrul Yasin Limpo,
companies ADA,
ministries BP2MI, DPR RI, Kemnaker,
ngos PMI, Walhi,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products masker, PCR,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Tangerang,
animals Sapi,