Kinerja Himbara Moncer, Bagaimana dengan Bank Mandiri?

  • 21 Mei 2022 16:59:15
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta Sektor perbankan tanah air, terutama sejumlah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga cepat pulih dari tekanan badai pandemi Covid-19. Sebut saja seperti Bank Mandiri, yang berhasil meraih kinerja positif sepanjang kuartal pertama 2022.

Mengutip laporan keuangan nonconsolidated (bank only) alias tidak menyertakan kinerja anak usaha, di tiga bulan pertama tahun ini, sejumlah indikator kinerja bank pelat merah tersebut, berhasil mencatat persentase pertumbuhan mencapai dua digit secara tahunan atau year on year (yoy). Dari sejumlah bank negara tersebut, Bank Mandiri mencatat kinerja yang paling baik.

Analis Pasar Modal dari Reswara Gian Investa Kiswoyo Adi Joe mencatat, pada kuartal I 2022, manajemen Bank Mandiri dinilai jauh lebih berhasil dalam mengoptimalkan kinerjanya dibanding bank milik negara lainnya.

Dia mencontohkan, manajemen Bank Mandiri lebih baik dalam mengoptimalkan asset dan modal/equity untuk mendapatkan penghasilan (return on asset/ROA dan return on equity/ROE).

Pertumbuhan ROA Mandiri pada Q1 2022 lebih baik dibanding Himbara lainnya, mencapai 1,12 persen. Sementara, BRI mencatat pertumbuhan ROA sebesar 0,91 persen dan ROA BNI hanya tumbuh sebesar 0,83 persen yoy.

Lantas, untuk ROE tier 1 Mandiri, mencatat pertumbuhan tertinggi mencapai 8,94 persen, dibanding pertumbuhan ROE BRI sebesar 3,64 persen dan ROE BNI tumbuh 5,58 persen.

Lantas, pendapatan bunga Bank Mandiri sebesar Rp 18,9 triliun, tumbuh 6,9 persen yoy. Pertumbuhan itu jauh lebih besat ketimbang pertumbuhan pendapatan bunga BRI 4,3 persen yoy. BNI dengan pendapatan bunga sebesar Rp 12,5 triliun mencatat pertumbuhan sebesar 1,7 persen yoy.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

habibie pemberi nama bank mandiri


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967961/kinerja-himbara-moncer-bagaimana-dengan-bank-mandiri

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967961/kinerja-himbara-moncer-bagaimana-dengan-bank-mandiri
Tokoh





Graph

Extracted

persons Badai, BJ Habibie,
companies WhatsApp,
bumns Bank Mandiri, BNI, BRI, Himbara,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,