Buruh dan Mahasiswa Kembali Turun ke Jalan, Ini Tuntutannya

  • 21 Mei 2022 16:49:01
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah aliansi buruh dan mahasiswa turun ke jalan. Mereka menyampaikan aspirasi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Sabtu (21/5/2022).

Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos menerangkan, peserta aksi membawa empat tuntutan utama yakni meminta pemerintah mencabut Omnibus Law RUU Cipta Kerja beserta turunnya. Kedua, menghentikan pembahasan revisi undang-undang dan pembentukan peraturan perundang-undangan.

Ketiga, hentikan aksi represif aparat dan kriminalisasi terhadap gerakan rakyat. Terakhir, menuntut pemerintah menurunkan harga BBM, tarif dasar listrik, LPG dan sembako.

Nining menyebut, kenaikan harga berimbas pada kehidupan buruh. Apalagi upah buruh tidak dinaikan.

Buruh tercekik, dan kenapa itu menjadi tuntutan utama kita, ujar dia.

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menerangkan, sebanyak 5.750 personel dikerahkan untuk mengawal aksi unjuk rasa hari ini.

Kita bagi di dua titik untuk mengantisipasi, jadi saat ini kegiatan kita adalah pengawalan jalannya penyampaian pendapat di muka umum di dua titik yakni di DPR dan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, ujar Komarudin.

Setelah terbentur cuti bersama Idul Fitri, 2 pekan usai peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, ratusan buruh di Bandung, Jakarta, dan Makassar gelar unjuk rasa. Tuntutan yang diajukan terkait kenaikan upah minimum dan menolak penerapan UU Cipta ...


https://www.liputan6.com/news/read/4967960/buruh-dan-mahasiswa-kembali-turun-ke-jalan-ini-tuntutannya

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4967960/buruh-dan-mahasiswa-kembali-turun-ke-jalan-ini-tuntutannya
Tokoh

Graph

Extracted

ministries DPR RI,
ngos KASBI,
topics Buruh, Cipta Kerja, Listrik,
events Hari Buruh,
products Omnibus Law, sembako,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, SULAWESI SELATAN,
cities bandung,