Rusia Bayar Utang Lebih Awal, Hindari Default

  • 21 Mei 2022 16:05:30
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Rusia membayar utang luar negeri lebih awal untuk mencegah default atau gagal bayar. Rusia membayar utang seminggu lebih awal sebelum pembayaran bunga jatuh tempo.

Kementerian keuangan negara itu mengatakan telah mentransfer US$ 71,25 juta untuk untuk pembayaran kupon untuk Eurobonds berdenominasi dolar yang jatuh tempo pada 2026 dan 26,5 juta euro ($28 juta) di atas kertas yang jatuh tempo pada 2036.

Rusia telah menghadapi prospek gagal bayar sejak melakukan invasi besar-besaran ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Negara ini telah terlepas dari struktur keuangan global.

Kedua pembayaran telah jatuh tempo pada 27 Mei, tetapi Rusia mengandalkan lisensi dari Departemen Keuangan AS untuk dapat mentransfer uang tersebut ke pemegang obligasi internasional, bagian penting untuk menghindari default negara. Lisensi itu akan habis pada 25 Mei.

Penyimpanan penyelesaian nasional Rusia telah menerima dana yang disalurkan kementerian, kata kementerian keuangan. Namun tidak jelas apakah tempat penyimpanan akan dapat menyalurkan dana itu sendiri sehingga mereka dapat menjangkau pemegang asing Eurobond Rusia.

JPMorgan, yang sebelumnya bertindak sebagai bank korespondensi untuk pembayaran tersebut, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan pada hari Rabu bahwa Moskow akan membayar kewajiban utang luar negerinya dalam rubel jika Amerika Serikat memblokir opsi lain. Rusia juga tidak akan menyebut dirinya default karena memiliki sarana untuk membayar.

Meskipun banyak pembatasan, Rusia telah berhasil melakukan pembayaran tujuh obligasi sejak invasinya ke Ukraina sebelum pembayaran bunga terakhir. Rusia memiliki sekitar US$ 40 miliar obligasi internasional yang beredar, sekitar setengahnya dipegang oleh investor asing.

Rusia memiliki pembayaran kurang dari US$ 2 miliar terkait dengan obligasi mata uang keras yang akan jatuh tempo hingga akhir tahun.

Baca: Tentara Rusia di Pengadilan Perang Ukraina Menyesal, Mengaku Tak Ingin Membunuh

REUTERS | BUSINESS STANDARD.COM


https://dunia.tempo.co/read/1593721/rusia-bayar-utang-lebih-awal-hindari-default

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1593721/rusia-bayar-utang-lebih-awal-hindari-default
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
companies Dana, Reuters,
ministries Kementerian Keuangan,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow,