Penyakit Cacar Monyet Meluas di Eropa, Belum Ada Pengetatan Pintu Masuk Penerbangan Internasional

  • 21 Mei 2022 15:06:45
  • Views: 20

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mengambil langkah pengetatan pintu masuk internasional ke Indonesia.

Hal tersebut merespon adanya kasus cacar monyet yang merebak di sejumlah negara Eropa dan Australia.

Kebijakannya akan mengikuti ketentuan Kementerian Kesehatan, ujar Juru bicara Kemenhub Adita Irawati saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Adita menjelaskan, cacar monyet atau monkeypox berkaitan dengan persoalan kesehatan. Karena itu, Kemenhub akan merujuk dari Kemenkes.

Karena kaitannya dengan kesehatan penumpang selalu merujuk ke kementerian terkait. Ada kantor kesehatan pelabuhan di bawah Kemenkes di bandara, tutur Adita.

Baca juga: Kementerian Kesehatan: Kasus Cacar Monyet Belum Masuk ke Indonesia

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengadakan pertemuan darurat pada Jumat, 20 Mei 2022. Pertemuan dilakukan untuk membahas wabah cacar monyet baru-baru ini, infeksi virus yang lebih banyak ditemukan di Afrika barat dan tengah.

Baca juga: Cacar Monyet Terus Menyebar, WHO Langsung Rapat Darurat, Dunia Waspada

Namun kasus cacar monyet kini mulai menginfeksi manusia di Eropa. Tercatat ada 100 kasus yang telah dikonfirmasi. Jerman menggambarkan merebaknnya cacar monyet pada manusia sebagai wabah terbesar di Eropa.

Kasus serupa telah dilaporkan di setidaknya sembilan negara - Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris, serta serta Amerika Serikat, Kanada dan Australia.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/21/penyakit-cacar-monyet-meluas-di-eropa-belum-ada-pengetatan-pintu-masuk-penerbangan-internasional

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/21/penyakit-cacar-monyet-meluas-di-eropa-belum-ada-pengetatan-pintu-masuk-penerbangan-internasional
Tokoh





Graph