Mengintip Kembali Hasil Lawatan Anies ke Eropa 8 Hari

  • 21 Mei 2022 15:04:52
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyelesaikan kunjungan 8 hari ke sejumlah negara di Eropa. Kunjungan ini disebut sebagai undangan dari kota di negara-negara yang menjadi sahabat atau sister city Jakarta. Ada beberapa kerja sama yang terjalin dalam aspek pembangunan untuk Jakarta saat Anies ke negara-negara Eropa itu.

Selama kunjungan ke Eropa yang dimulai sejak 10 Mei 2022 ini, Anies Baswedan aktif mengabarkan kegiatannya di London (Inggris), Berlin (Jerman), dan Paris (Perancis) melalui akun media sosialnya, seperti instagram @aniesbaswedan. Dia menunjukkan sejumlah kerja sama yang telah diperoleh untuk pembangunan DKI Jakarta, khususnya melalui BUMD.

1. Dukungan Perusahaan Inggris dan Prancis untuk Pengembangan MRT Jakarta

Salah satunya adalah dukungan dari 8 perusahaan di London yang bersedia membantu PT MRT Jakarta melanjutkan pembangunannya, terutama rencana pembangunan fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 Fatmawati-TMII. Ini diiringi upaya mendorong pembangunan Jakarta berbasis transportasi publik dan berorientasi transit.

Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau, kata Anies dikutip dari keterangan tertulis saat roundtable discussion di London, Jumat, 13 Mei 2022.

Usai diskusi ini, 8 perusaahan asal Inggris itu, yakni Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Charted Bank menyampaikan bentuk dukungan yang bisa diberikan ke PT MRT Jakarta dan memaparkan kapasitas serta keunggulan mereka.

Crossrail International pun telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan PT MRT Jakarta untuk pengembangan MRT Jakarta Fase 3 Koridor Timur - Barat. Kerja sama meliputi peningkatan kapasitas, seperti struktur organisasi, dan alternatif skema pendanaan, strategi perencanaan, strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, dan hijau berkelanjutan.

Selain dengan perusahaan Inggris, PT MRT juga menandatangi nota kesepahaman dengan dua perusahaan industri perkeretaapian di Prancis, yaitu Alstom dan Thales. Dengan Alstom, MRT kerja sama terkait skema pengadaan rolling stock, sinyal, infrastruktur, serta layanan MRT. Sedangkan Thales berkaitan dengan solusi teknologi integrasi sistem pertiketan.


https://metro.tempo.co/read/1593707/mengintip-kembali-hasil-lawatan-anies-ke-eropa-8-hari

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1593707/mengintip-kembali-hasil-lawatan-anies-ke-eropa-8-hari
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA, Facebook, Instagram, PT MRT Jakarta,
bumns BUMD,
fasums TMII,
products MRT,
nations Inggris, Jerman, Perancis, Prancis,
places DKI Jakarta,
cities Berlin, London, Paris,