Jokowi Sebut Harga Minyak Goreng Curah Jadi Rp 14 Ribu di 2 Minggu ke Depan

  • 21 Mei 2022 14:49:49
  • Views: 5

Sementara, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menyebut dirinya sejak awal tak setuju dengan larangan ekspor minyak goreng. Dia mengakui kebijakan itu memang membuat pasokan minyak goreng dalam negeri menjadi melimpah.

Hanya saja, kata Agus, harga minyak goreng di pasaran masih tergolong mahal, meski terjadi penurunan. Dia mengatakan hal ini dikarenakan sebagaian besar industri sawit di Indonesia masih dikuasai oleh pihak swasta.

Karena negara hanya punya sekitar 4 persen sawit minyak goreng sehingga tidak mungkin ketika swastanya berulah, dia bisa menutupi, kata Agus saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (20/5/2022).

Nah, kalau tujuannya agar harganya turun tentu ternyata tidak tercapai, harga masih mahal tapi barangnya ada. Artinya apa? Industri mau harga sawit ini mahal tanpa pemerintah bisa melakukan sesuatu yang bisa menurunkan harga, sambungnya.

Menurut dia, dibuka kembali ekspor minyak.goreng akan membuat kebutuhan nasional menjadi terpenuhi. Namun, minusnya harga menjadi tak turun.

Iya karena kan sawitnya berlimpah, tapi harga tidak turun. Maksud presiden supaya harga turun. Selain supply, harga turun tapi harga tidak turun, kata Agus.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com


https://www.liputan6.com/news/read/4967875/jokowi-sebut-harga-minyak-goreng-curah-jadi-rp-14-ribu-di-2-minggu-ke-depan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4967875/jokowi-sebut-harga-minyak-goreng-curah-jadi-rp-14-ribu-di-2-minggu-ke-depan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Agus Pambagio, joko widodo,
companies ADA,
topics ekspor,
nations Indonesia,