Mengenal Bentuk-bentuk Dividen untuk Investor Reksa Dana

  • 21 Mei 2022 14:07:41
  • Views: 12

IDXChannel – Bentuk-bentuk dividen untuk investor reksa dana bervariasi dan tidak melulu dalam bentuk tunai. Salah satu keuntungan yang ditunggu seorang investor dalam berinvestasi adalah dividen. Pembagian laba dari emiten ini biasanya dilakukan dalam periode tertentu, biasanya satu tahun sekali. 

Dividen juga diterima oleh investor reksa dana. Meski tidak selalu dalam bentuk cash, namun investor reksa dana juga menerima pembagian laba tahunan perusahaan ini. 
Apa saja bentuk-bentuk dividen untuk investor reksa dana? Yuk, simak penjelasan IDXChannel berikut ini!

Bentuk-bentuk Dividen untuk Investor Reksa Dana

Selain saham, investasi reksa dana juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. Dalam investasi reksa dana, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari capital gain atau kenaikan harga, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan untuk investor reksa dana. 

Pembagian dividen reksa dana ini tentu saja bergantung pada manajer investasi (MI) yang mengeluarkan produk reksa dana tersebut. Hal ini berarti bahwa tidak semua dividen dibagikan dalam bentuk tunai atau unit. Adapun bentuk-bentuk dividen untuk investor antara lain sebagai berikut. 

1. Dividen yang Diinvestasikan Kembali

Salah satu bentuk dividen yang diberikan untuk investor reksa dana adalah dividen yang bisa diinvestasikan kembali atau reinvesting. Sebagian besar reksa dana umumnya menerapkan kebijakan tersebut agar hasil dividen dapat meningkatkan aktiva bersih (NAB) reksa dana. 


https://www.idxchannel.com/market-news/mengenal-bentuk-bentuk-dividen-untuk-investor-reksa-dana

Sumber: https://www.idxchannel.com/market-news/mengenal-bentuk-bentuk-dividen-untuk-investor-reksa-dana
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, MNC,